Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangerang Selatan Ads

Gandeng Agratek, BPJAMSOSTEK Tangerang Cimone Ajak Pelaku UMKM Di Kota Tangerang Melek Teknologi

61

TANGERANG –Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang penting dalam pertumbuhan ekonomi pada skala nasional dan regional serta berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja. Dalam kondisi yang serba dinamis ini, UMKM dituntut untuk melakukan perubahan. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan teknologi informasi. 

Hal ini ditangkap sebagai peluang kerjasama yang saling membangun antara BPJS Ketenagakerjaan atau yang sekarang biasa dipanggil BP Jamsostek dengan PT. Agra Teknologi Selaras dan Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) dalam rangka meningkatkan daya saing pelaku usaha di sektor mikro kecil pada segmen pekerja informal agar dapat terus berjalan dan berkembang.

 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cimone, Yan Dwiyanto mengharapkan dengan adanya kerjasama positif ini, hasil yang dicapai pun akan berdampak bagi pelaku usaha yaitu meningkatnya usaha yang akan berimbas pada kesejahteraan anggota serta mendukung program pemerintah dalam menurunkan tingkat penyebaran pandemi Covid 19.

 

Direktur Utama PT Agra Teknologi Selaras (AgraTek), Yasir Arafat menyampaikan, di tengah pandemi COVID-19 ini, sebagai salah satu upaya untuk menurunkan penyebarannya adalah dengan transaksi non-tunai menggunakan uang elektronik yang sudah beredar di masyarakat. Pembeli dapat melakukan pembayaran dengan cara memindai kode QRIS yang tersedia di warteg anggota Kowantara, dengan menggunakan uang elektronik apa saja yang dimiliki. Dengan demikian tidak perlu lagi uang tunai/fisik untuk melakukan pembayaran, dan resiko tertular virus melalui uang dapat dihindari. Pembeli pun tidak harus datang ke warteg, tetapi bisa menggunakan fasilitas jasa online yang ada saat ini. Selain sebagai Merchant Aggregator QRIS dari bank CIMB Niaga, AgraTek juga memiliki berbagai layanan yang dapat mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), antara lain sebagai Pengalih dan Aggregator Multibiller (untuk transaksi pembelian pulsa, token listrik, dan pembayaran berbagai tagihan), Agregator System Pembayaran secara online, penyedia Terminal Pembayaran Android, penyedia Platform Digital untuk Pendidikan dan Pasar Tradisional, penyedia Aplikasi POS untuk warung dan rumah makan, serta pengembangan berbagai aplikasi lainnya.

 

Ketua Kowantara, Mukroni juga menjelaskan, salah satu program kerja Kowantara adalah memberikan pelatihan-pelatihan kepada anggotanya yang tersebar di Tangerang dan Jabodetabek agar paham mengenai manajemen keuangan dalam usaha sehingga ke depannya para pelaku usaha akan lebih modern, mempunyai pembukuan dan laporan keuangan yang jelas melalui pemanfaatan teknologi. Beliau pun berharap para pelaku usaha dapat bergabung bersama Kowantara untuk bersama-sama membangun perekonomian di sektor mikro dan informal.

 

Kedepannya BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cimone akan menggandeng peserta-peserta lainnya untuk dikolaborasikan agar tercipta sinergi positif antar sesama peserta dengan harapan semakin luasnya perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sehingga pengurangan tenaga kerja dapat diminimalisir.

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...