Untuk Kepentingan Umum

Makin Mudah Urus Klaim JHT di Lapak Asik

33

TANGERANG –  Mengurus jaminan hari tua (JHT) di kantor Bpjamsostek Tangerang Cikokol ditengah Pandemi Covid 19 kini lebih mudah,praktis dan cepat. Hal itu berkat hadirnya layanan tanpa kontak fisik (Lapak Asik) yang dapat diakses kapan saja oleh peserta.

 

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Tangerang Cikokol Fahmi Hasan menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tiga kanal pelayanan untuk peserta dilapak asik. Diantaranya layanan full digital, dikolektif oleh HRD tempat peserta bekerja dan difasilitasi oleh petugas Bpjamsostek. Dimana, pelayanan online didominsi oleh peserta untuk mengajukan klaim. “Untuk lapak asik perharinya ada 100 berkas yang masuk, sedangkan yang offline dapat mencapai 200-300 orang,” ucapnya ketika ditemui awak media, Selasa (28/7/2020).

 

Img20200728102422

Fahmi mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih kesulitan meminta peserta untuk tidak datang kekantor mengurus klaim jaminan. Alasannya, masih banyak peserta yang tidak paham teknologi dan terbiasa melakukan transaksi secara manual. Hal tersebut jelas beresiko bagi petugas yang melakukan pelayanan. “Protokol kesehatan kami berlakukan ketat sebelum peserta masuk kekantor  untuk menghindari hal itu. Rata –rata peserta yang datang itu karena mengalami kesulitan dalam melakukan upload data,” tambahnya.

 

Menurutnya, kegagalan upload data dalam pelayanan lapak asik disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain, kekurtan jaringan provider yang digunakan, smartphone yang suport, dan ketersediaan paket data. “Disini kami hadir untuk memastikan peserta mendapatkan haknya apapun caranya,” tambahnya.

 

Selain itu, pihaknya juga menghadirkan layanan one to many dari maret. Dimana satu orang petugas dapat malayani hingga lima peserta yang berada di lantai II. “itu juga kami lakukan agar tidak terjadi penumpukan diarea BPJAMSOSTEK,”

 

Data yang diperoleh, dari awal Januari hingga 27 Juli terdapat 16.780 peserta yang melakukan klaim JHT atau setara 311, 8 Miliar. Dimana klaim Rp 210 miliar terjadi selama pandemi sejak Maret – Juli 2020 yang didominasi oleh pensiun, PHK dan pengunduran diri.

 

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...