Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Tes Kesehatan di RSUD Kab Tangerang, RS Tipe B Jadi PR Pemimpin Baru Tangsel

KPUD Tangsel melakukan tes kesehatan para calon kontestan Pilkada Tangsel di RSUD Kabupaten Tangerang.

Di pilihnya RSUD Kabupaten lantaran di Kota berjuluk Cerdas, Modern dan Religius Fasilitas Kesehatannya (Faskes) masih tipe C, tidak sesuai dengan
peraturan KPU yang mewajibkan pelaksanaan tes kesehatan dilakukan di RS tipe A di provinsi Banten, atau apabila tidak ada, boleh menggunakan RS tipe B.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, pengklasifikasian tipe RS dibedakan menurut pelayanan kedokteran spesialis yang dan subspesialis.

Artinya, semakin luas pelayanan kesehatan yang tersedia, maka semakin tinggi tipe RS, sehingga menjadi rujukan dari RS yang bertipe di bawahnya.

Ketersediaan RS dengan pelayanan kesehatan yang lebih luas, menjadi PR para bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel, karena kesehatan menjadi salah satu dari kebutuhan dasar masyarakat.

Menanggapi hal itu, calon kontestan Pilkada Muhamad mengatakan, kedepanya Kota Tangsel harus memiliki RS dengan Faskes yang lebih lengkap, sehingga warga Tangsel tidak harus dirujuk ke RS yang cukup jauh jaraknya.

“Di Tangsel RSnya sudah bagus, gedungnya juga mewah. Tinggal kedepannya dilengkapi poli dan ini faskesnya, supaya masyarakat bisa terlayani, kasihan masyarakat, bila pelayanannya ada yang dikirim ke RS Fatmawati, RSCM, RS Harapan Kita,” kata Muhamad yang juga mantan Sekda Tangsel usai cek kesehatan, Selasa (8/9/2020).

Dilokasi yang sama, dalam keikutsertaannya pada kontestasi Pilkada 2020 Siti Nur Azizah, berharap pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan Tangsel.

Kendati begitu, dia berharap siapapun yang menjadi pemenang pada ajang demokrasi lima tahunan serentak ini, dapat mewujudkan RS dengan Faskes lebih lengkap.

“Saya sih tadinya berharap tes kesehatan di Tangsel ya, mudah-mudahan kedepan siapa pun yang menjadi pemenang ini menjadi PR, Tangsel harus punya RS minimal kelas B,” tuturnya.

Sementara, Pilar Saga Ichsan yang berpasangan dengan petahana Benyamin Davnie mengatakan, akan meningkatkan pelayanan kesehatan dari yang sudah ada, guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

“RSUD Kota Tangsel masih tipe C, tetapi saat ini ibu Walikota dan Pak Ben kan masih terus membangun penambahan kamar RS ya, sekitar 190 kamar itu nanti kalau sudah jadi semua fasilitasnya akan kita tingkatkan, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal,” pungkasnya. (Ari)

Berita Lainnya
Leave a comment