Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Melihat Peran Keraton Caping Topang Ketahanan Pangan di Kota Tangerang

 

Tangerang – Tangan dingin founder Banksa Suci Ade Yunus menyulap lahan tidur seluas 11 hektar yang diberi nama Keraton Caping  berhasil memberikan dampak positif bagi Kota Tangerang. Khususnya bagi sektor ketahanan pangan masyarakat yang saat ini sedang menghadapi pandemi covid 19.

 

Founder Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksa Suci) Ade Yunus mengatakan, lahan yang berada di sebelah Timur Kecamatan Cibodas ini murni digunakan untuk kesejahteraan masyarakat ditiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Cibodas, Tangerang dan Karawaci. “Saat ini sudah ada  tiga ratus warga yang menggarap lahan tersebut. Dimana setiap kecamatan dibagi menjadi 100 orang,” ujarnya ketika ditemui, Selasa (15/9/2020).

 

Ade mangaku, pihaknya juga mempersilahkan bagi warga yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat covid 19 menggarap lahan tersebut. Dimana saat ini ada 45 warga korban PHK telah menggarap lahan tersebut.

 

Selain itu, di lahan yang dicanangkan pemerintah sebagai lumbung pangan nasional ini terdiri dari 18 cluster. Empat cluster diantatanya telah melakukan panen. Pengunjung dapat membeli langsung sayur dan palawija yang ditanam oleh warga. Walhasil, produk sayur dan palawija yang dibeli terjaga kesegarannya.

 

“Kita sudah empat kali panen, hasilnya didominasi produk sayuran. Hasilnya kita kembalikan lagi ke masyarakat,” pungkasnya.

 

Berita Lainnya
Leave a comment