Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Civitas Unpam Bangun Pemuda Berkompeten dan Religius

Dosen Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai salah satu bentuk kewajiban tri darma universitas.  Tugas seorang dosen bukan hanya mengajar, namun juga meneliti serta mengabdi kepada masyarakat.

Hal itu rupanya sudah dilaksanakan dosen Universitas Pamulang (Unpam) yakni dengan menyelenggarakan seminar di wilayah Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren. Kegiatan tersebut mengandeng Organisasi  Anak Rimba Bintara (Arimbin). Bertempat di Sekretariat Arimbin puluhan anak-anak muda tampak antusias mengikuti seminar yang mengangkat tema “Membangun Generasi Muda yang Berkompeten dan Religius”

Salah satu narasumber Ibrahim Bali Pamungkas. S.T., M.M., M.Kom menjelaskan perubahan zaman yang kian pesat. Dulu tidak ada alat komunikasi yang memberikan kemudahan. Pemuda zaman dahulu dapat memasarkan keterampilannya dari mulut ke mulut. Kini dengan kemudahan yang diberikan bekal keterampilan tidak cukup. Harus punya kemampuan memasarkan dengan memanfaatkan teknologi.

“Banyak anak muda sekarang ini merasa sekolah dan mendapatkan ijazah saja sudah cukup. Nyatanya dibutuhkan kemampuan yang spesifik guna untuk mendukung karirnya di masa depan. Persaingan dunia kerja semakin  kompetitif”   terangnya.

Ia pun meminta pemuda seperti anggota Arimbin untuk menggali minat, hasrat, dan passion pada dalam diri sendiri. Sehingga keterampilan yang akan ditekuni dapat dikerjakan dengan senang hati. Keterampilan tersebut akan menjadi pekerjaan bagi para pemuda Arimbin ke depannya

“Jangan dilupakan juga soal religiusitas. Ini menjadi hal yang penting sebagai dasar kehidupan. Maka itu, pemuda yang religus harus menjadikan agama sebagai landasan dalam mencari pekerjaan. Agama pun menjadi landasan sebagai pembatas dalam mecari sumber-sumber nafkah yang baik, benar dan halal” ujarnya.

Sementara itu, ketua Arimbin Bintaro Rizki menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan dosen Unpam. Menurutnya, acara tersebut sangat berguna bagi para pemuda yang akan memasuki dunia kerja. Apalagi persaingannya kian ketat, maka itu, adanya kegiatan ini amat membantu.

“Kami mengharapkan kegiatan pengabdian dosen  bisa dilaksanakan sesering mungkin. Kegiatan ini dapat dijadikan pemacu untuk bisa bersemangat menghadapi tantangan ke depannya yang kian kompleks” ujarnya. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment