Untuk Kepentingan Umum

Dosen Unpam Ajak Pemuda Gunakan Medsos dengan Bijak

89

Para dosen Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan seminar dengan tema “Membangun Generasi Muda yang Cerdas dan Berkarakter” di Pondok Pucung, Pondok Aren, kemarin. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Organisasi  Anak Rimba Bintara (Arimbin).

Salah satu pemateri, Agung Tri Putranto, S.T., M.M menggugah para pemuda untuk senantiasa memiliki sikap yang cerdas dan berkarakter dalam menyongsong kehidupan yang semakin rumit.

“Zaman semakin sulit, persaingan menjadi semakin kompleks, oleh karena itu sikap cerdas dalam kehidupan sehari-hari harus didasari dengan kebiasaan cerdas,” terangnya.

Ia juga menyoroti perkembangan teknologi, terutama dunia digital yang masif. Dampaknya menimbulkan dua sisi, pertama, misalnya, dapat membantu perkembangan dunia usaha. Bukan hal yang aneh jika ditemukan produk usaha baru, namun sudah terkenal dan memiliki pasar. Itu berkat kemajuan teknologi. Sisi buruknya, semakin mudahnya penipuan, berita hoax,  pornografi, dan lain sebagainya.

“Kita sebagai pemuda yang notabene generasi penerus bangsa harus dapat memaksimalkan daya fikir dan nalar untuk menjadi manusia yang cerdas. Caranya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti media sosial (medsos) secara bijak,” ungkapnya.

Kata dia, manusia cerdas adalah manusia yang memiliki visi dan misi, dapat memilah hal-hal baik dan buruk. Kebiasaan bertanggung jawab dan bekerja keras merupakan pondasi dalam membangun karakter yang kuat.

“Karakter itu penting lantaran menentukan seseorang akan semakin maju atau terlena dalam buaian dunia digital ini. Maka itu, sebagai pemuda harus dapat berkontribusi pada perkembangan ekonomi dan kemajuan bangsa nantinya,” terang Imanuel, salah satu anggota Arimbin yang hadir dalam kegiatan tersebut. (rls)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...