Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Tingkatkan Kreatifitas, Akademisi Unpam Bikin Seminar Anak Muda

Tugas seorang dosen bukan hanya mengajar, namun juga melakukan penelitian serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Hal itu terekam dalam kegiatan Dosen Universitas Pamulang (Unpam) di Sekretariat Anak Rimba Bintara (Arimbin), kemarin. Acara yang dihadiri puluhan anak-anak muda ini mengangkat tema “Membangun Generasi Muda yang Mandiri dan Kreatif”.

Dosen sekaligus Pembina Komunitas Arimbin, Imbron. S.E., M.M., C.STMI menjelaskan tentang bangsa kreatif, yang harus memiliki pemikiran luas agar bisa mengembangkan potensi kecil menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kata dia, bangsa yang mandiri adalah bangsa yang mampu menempatkan dirinya sejajar dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju. Karenanya, kemajuan ekonomi dan kemampuan berdaya saing menjadi kunci mencapai kemajuan dan kemandirian.

“Seiring dengan perkembangan zaman, kita harus mampu menciptakan dan mengembangkan sikap mandiri dan kreatif,” terang  Imbron.

Hal senada diungkapkan Muhamad Badru Zaman. S.E., M.M. Ketua PKM kegiatan ini menerangkan, pendidik harus menyiapkan anak muda bangsa dari segi kapasitas dan integritas agar bisa bersaing di era globalisasi. Menurutnya, tenaga pendidik bertanggung jawab menyiapkan anak-anak muda agar bisa bersaing di era yang semakin kompleks. Kapasitas dan integritas pemuda harus memiliki daya saing, bahkan menjadi pemenang di era globalisasi ini.

“Insan muda harus punya ide-ide segar. Untuk diimplementasikan secara konkret. Ide itu diwujudkan menjadi salah satu hasil kerja atau hasil proses kreatif itu sendiri, “ ungkapnya.

Pada kesempatan ini, PKM Universitas Pamulang juga memberikan pelatihan kepada pemuda Arimbin.  Tujuannya, agar komunitas yang bergerak di bidang pecinta alam ini bisa meningkatkan sikap mandiri dan kreatif dalam memanfaatkan sumber daya.

“Kegiatan ini tentunya bisa  memberikan semangat dan motivasi bagi para anggota Arimbin untuk meningkatkan daya kreatifitas dan kemandirian organisasi,” ujar Ade irawan salah satu anggota senior  Arimbin Bintaro yang hadir mengikuti  kegiatan PKM. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment