Untuk Kepentingan Umum

Pembuatan Tambun dan Tamberin di Koang Jaya Kesulitan Penataan Lahan

11

 

TANGERANG – Pemanfaatan lahan tidur untuk mendukung program ketahanan pangan ditengah pandemi covid 19 mendapat respon positif dari masyarakat. Terbaru, warga memanfaatan lahan tidur milik DKM At Tasri seluas 3.400 meter di RT 04  Rw 03 Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci untuk pembuatan taman berkebun ( Tambun) dan taman bermain (Tamberin).

 

Ketua RT 02 Kelurahan Koang Jaya, Pujianto mengatakan, penataan kawasan yang dilakukan sejak dua bulan lalu ini telah ditanami berbagai jenis tanaman sayuran yang berasal dari swadaya masyarakat seperti kangkung, tomat, cesim, cabai, dan jahe. Selain itu, dilokasi tersebut juga terdapat pembesaran ikan. Puji mengatakan, dari lahan seluas 3.400 meter, pihaknya baru berhasil menggarap lahan seluas 400 meter.

 

Penyebabnya karena minimnya tenaga dan sulitnya membersihkan lahan yang mayoritas ditumbuhi tanaman liar.  “Untuk panen perdana kami baru menghasilkan kangkung sebanyak 5 kg yang seluruhnya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan untuk ikan, saat ini sudah siap panen,”  ujarnya Sabtu (24/10/2020).

 

Puji mengatakan, penataan kawasan tersebut telah mendapat perhatian Pemkot Tangerang. Antara lain berupa bantuan paving untuk penataan dan bibit ikan dari Dinas Ketahanan Pangan. Pihaknya berharap, perhatian Pemkot tidak sampai disitu karena masih banyak penggiat lingkungan yang membutuhkan perhataian. “ “Banyak penggiat lingkungan disini kesulitan mencari bantuan untuk penataan lahan. Karena hanya bantuan yang diberikan bersifat bekas pakai dan berebut untuk mendapatkannya,” pungkasnya.

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...