Untuk Kepentingan Umum

Gencar Sosialisasi, KPU Tangsel Sebut Banyaknya Partisipasi Pemilih Pengaruhi Profesionalitas Kepala Daerah

25

KPU Tangsel gencar melakukan sosialisasi Pilkada 2020 guna meningkatkan partisipasi pemilih.

 

Sosialisi tersebut disampaikan kepada berbagai golongan masyarakat yang sudah mendapatkan hak pilihnya, seperti dalam diskusi publik bertajuk ‘Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda dan Pemula Dalam Pilkada Tangsel 2020’ yang digelar Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), Jumat (26/10/2020).

 

Komisioner KPU Tangsel Divisi Teknik Penyelenggaraan KPU Tangsel Achmad Mudjahid Zein mengatakan, Banyaknya masyarakat yang menggunakan hak pilihnya bakal mempengaruhi profesionalitas seorang Kepala Daerah.

 

Sebab kata dia, semakin tinggi partisipasi pemilih, Kepala Daerah terpilih akan lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan program pemerintahannya.

 

“Seorang Kepala Daerah terpilih pasti akan memiliki tanggung jawab yang tinggi Kalau partisipasi pemilih tinggi. Jadi semakin tinggi partisipasi pemilih, Kepala Daerah juga tidak akan ugal-ugalan dalam melakukan programnya. Jadi bukan karena beban hibah ke KPU,” kata Zein saat diskusi.

 

Senada dengan KPU, Walikota LIRA Kota Tangsel Sigit Sungkono menuturkan, suksesnya Pilkada sangat bergantung kepada peran serta semua elemen, seperti halnya keterlibatan pemula dan muda yang mendominasi sebagai pemilih.

 

Sebab kata dia, peran serta pemilih muda dan pemula sebagai generasi penerus bangsa berpengaruh pada masa depan suatu daerah.

 

“Jika dilihat dari data statistik KPU, sekitar 53% pemilih di Tangsel adalah pemilih pemula dan kaum muda dengan rentan usia dari 17 hingga 39 tahun. Jadi, keterlibatan atau partisipasi pemilih muda dan pemula sangat penting di Tangsel, sehingga kesuksesan Pilkada nanti menjadi tanggung jawab besar mereka,” tuturnya.

 

Dalam diskusi tersebut, Sigit mengatakan, pihaknya menggandeng beberapa elemen kepemudaan dan mahasiswa sebagai perwakilan pemilih muda dan pemula pada Pilkada Tangsel 2020.

 

Dia mengapresiasi kinerja KPU Tangsel yang terus melakukan kegiatan sosialisasi, agar partisipasi pemilih pada Pilkada ini dapat meningkat.

 

“Kami mengapresiasi KPU Tangsel dengan berbagai kegiatan sosialisasi yang sudah dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Pilkada Tangsel 2020. Karena kesuksesan Pilkada adalah tanggung jawab semua,” tandasnya. (ari)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...