Untuk Kepentingan Umum

Literasi Daring Belum Merata, Rahayu Saraswati Bakal Bangun Ribuan Titik Wifi

24

Calon wakil walikota nomor urut satu Rahayu Saraswati mengatakan fasilitas penunjang literasi di Kota Tangsel belum merata.

 

Apalagi kata dia, fasilitas literasi daring yang saat ini sedang dibutuhkan masyarakat lantaran pandemi Covid 19, yang membuat proses belajar tidak dijalankan secara tatap muka.

 

“Masih ada ketimpangan literasi berbasis daring. Seperti beberapa waktu lalu ada seorang ibu yang kesulitan membeli gadget untuk anaknya belajar daring. Di sini bagaimana saya hadir untuk mewujudkan Sila Kelima Pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” kata wanita yang kerap disapa Sara saat menghadiri peresmian Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Rabu (28/10/2020).

 

Menyikapi hal tersebut, ia berjanji akan membangun ribuan wifi, agar masyarakat Tangsel dapat merasakan layanan internet secara merata.

 

“Kita nanti siapkan wifi hingga 5000 titik untuk masyarakat Tangsel. Agar ketersediaan layanan akses internet menjangkau seluruh masyarakat. Terlebih, di 60 TBM, bagaimana budaya literasi kepada masyarakat, bisa menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya.

 

Sara mengungkapkan, masih ada empat kecamatan yang disinyalir belum merasakan pembangunan di Tangsel, yakni Kecamatan Pamulang, Ciputat, Ciputat Timur dan Kecamatan Setu.

 

“Kalau kita bicara Serpong, Bintaro, bagaimana masifnya pembangunan disana. Ini yang harus disejajarkan, diratakan pembangunanya,” pungkas Sara.

 

Di lokasi yang sama, Ketua Forum TBM Provinsi Banten Andri Gunawan mengatakan, ada beberapa kriteria dalam TBM yang dapat meningkatkan literasi dapat di masyarakat.

 

Diantaranya adalah literasi baca tulis, digital dan juga finansial.

 

“Selain itu Andri menambahkan, ada ada juga literasi budaya, kekeluargaan dan juga literasi generasi.

 

“Jadi TBM itu tidak hanya pengadaan buku dan rak, bagaimana TBM dapat mengikuti perkembangan zaman, di era digital seperti saat ini,” tandasnya. (ari)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...