Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Muhamad-Saras Unggul di Survei Indikator Politik

Duet Muhamad-Rahayu Saraswati menempati posisi teratas dalam survei Indikator politik sebagai Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota pada Pilkada Tangsel 2020.

Survei laksanakan dari 28 Oktober hingga 3 November 2020 dengan 820 responden warga Tangsel yang memiliki hak pilih pada Pilkada 2020.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, metode pemilihan responden menggunakan multistage random sampling. Sementara pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka, dengan margin of error atau toleransi kesalahan 3,5 persen.

“Margin of error dari survei ini adalah 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Burhanuddin dalam rilisnya, Selasa (17/11/2020).

Dalam melakukan surveinya, Burhanuddin menuturkan, menggunakan tiga simulasi untuk mendapatkan jawaban responden dalam memberikan pilihan.

Ketiga simulasi tersebut, kata dia, Top Of Mind tanpa menyebut nama calon, pilihan kepada calon Walikota yaitu simulasi semi terbuka, serta simulasi tiga pasangan dengan menggunakan foto Paslon.

“Untuk simulasi top of mind calon Walikota Muhamad unggul dengan angka 22,6 persen, diikuti Benyamin Davnie dengan angka 19,0 persen, sedangkan Siti Nur Azizah dengan perolehan angka 7,3 persen,”

“Dalam simulasi semi terbuka pak Muhamad unggul tipis dengan angka 34,5 persen, pak Benyamin Davnie diangka 31,8, sedangkan ibu Siti Nur Azizah mendapatkan angka 12,1 persen,” tuturnya.

Kemudian, Burhanuddin mengungkapkan, hasil survei menggunakan simulasi dengan menampilkan foto dari masing-masing Paslon, duet Muhamad -Saraswati tetap unggul, meski selisih sedikit dengan Paslon nomor urut tiga.

“Pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati 38,6 persen, Siti Nur Azizah-Ruhamaben 16,4 persen, serta pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan 33,2 persen,” pungkasnya. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment