Untuk Kepentingan Umum

PLN Jamin Pasokan Listrik Nataru Aman

8

TANGERANG -PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten menggelar apel siaga dan gelar peralatan serta personil. Hal itu guna memastikan kesiapan pasokan listrik menjelang perhelatan besar di Bulan Desember yakni pemilihan kepala daerah (pilkada), Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

 

Dengan total daya mampu pasokan listrik mencapai 5.608 MW dan beban puncak 3.442 MW menunjukkan bahwa cadangan listrik di Provinsi Banten sebesar 2.166 MW. Besaran daya tersebut didukung dengan sistem kelistrikan Banten dengan 47 Gardu Induk dan 1136 penyulang yang tersebar di seluruh Provinsi Banten. 

 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Paranai Suhasfan mengungkapkan untuk kesiapan dan keandalan pasokan listrik menghadapi Pilkada serentak dan Nataru PLN memberlakukan masa siaga yang berlangsung dari 09 Desember 2020 sampai dengan 02 Januari 2021. “Pilkada di Banten pada 09 Desember 2020 secara serantak dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Cilegon. Untuk itu PLN memastikan agar pasokan listrik andal selama perhelatan berlangsung”, ungkap Paranai, Senin (7/12/2020).

 

Untuk memastikan kesiapan petugas dan peralatan dalam rangka siaga, PLN UID Banten melaksanakan gelar peralatan secara serentak di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di lingkungan PLN Distribusi Banten pada Senin, 7 Desember 2020.

 

 

Dalam masa siaga Pilkada Serentak  di Provinsi Banten terdapat beberapa titik lokasi yang menjadi pantauan khusus PLN UID Banten yakni KPU Kabupaten Serang, KPU Kota Cilegon dan KPU Kabupaten Pandeglang. Sedangkan KPU Kota Tangerang Selatan PLN UID Banten bersinergi dengan PLN UID Jakarta Raya. Selain mengandalkan pasokan yang tersedia, PLN juga menyiagakan genset berkapasitas 50KV dan 20 KV di tiap KPU. Adapun sejumlah lokasi pantauan khusus selama Natal dan Tahun baru PLN ada di Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, gereja, dan titik pusat keramaian umum yang tersebar di Provinsi Banten

 

Selama masa Siaga Pilkada dan Nataru, PLN UID Banten juga menyiapkan sejumlah personil yang terdiri dari 770 orang petugas Yantek, 19 orang petugas deteksi, 119 petugas operator gardu induk, 212 orang pegawai yang dibantu petugas backup di tiap unit pelaksana. Senior Manager Distribusi PLN UID Banten Muhammad Joharifin berharap Pilkada dan Nataru dapat berjalan dengan sukses di sisi pasokan listrik dengan dukungan penguatan personel, kesediaan peralatan dan material, serta standard operating procedure (SOP). “PLN UID Banten telah menyiapkan beberapa langkah preventif dan antisipatif dalam SOP siaga Pilkada dan Nataru. Namun kami juga membutuhkan dukungan semua pihak agar perhelatan besar di bulan Desember ini bisa berlangsung dengan aman dan andal”, ungkap Joharifin.

 

 

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...