Untuk Kepentingan Umum

Partisipasi Pilkada Kota Tangsel Capai 60,26 Persen

14

Partisipasi Pemilih pada Pilkada Tangsel 2020 mencapai 60, 26 persen. 

 

Jumlah tersebut tidak mencapai target yang ditetapkan KPU RI sebesar 77 persen.

 

Komisioner KPU Tangsel Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ade Wahyu Hidayat mengatakan, meski tak mencapai target, partisipasi pemilih Pilkada 2020 mengalami kenaikan 4 persen dari Pilkada 2015 lalu.

 

“Berdasarkan hasil rekap berjenjang dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) partisipasi pemilih mencapai 60,26 persen, naik 4 persen dari Pilkada 2015 yang sampai 56 persen,” kata Ade di Hotel Grand Zuri, BSD, Rabu (16/12/2020).

 

 

Ade mengungkapkan, tidak tercapainya target partisipasi pemilih disebabkan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangsel digelar saat Pandemi.

 

Kemudian, kata dia, kondisi hujan saat pencoblosan juga mempengaruhi minat pemilih untuk mendatangi tempat pemungutan suara.

 

“Yang pertama tahapan Pilkada di tengah Pandemi, sehingga ada keterbatasan yang dialami baik KPU atau pun calon dalam mencari simpati dan dukungan masyarakat.

Kedua karena pada saat pencoblosan juga hujan,” pungkasnya.

 

Diketahui, Pada Pilkada 2020 KPU RI menargetkan partisipasi pemilih sebesar 77 persen. Target itu ditetapkan sama dengan yang ditetapkan KPU pada Pilkada serentak 2018. (ari)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...