Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Antisipasi Lonjakan Covid19, Bang Ben Tinjau RSU

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie meninjau kesiapan rumah sakit dan Puskesmas tempat transit pasien Covid 19.

Tinjauan tersebut dilakukan di RSU Pakulonan dan Puskesmas Pondok Jagung, Serpong Utara dan Pamulang.

“Hari ini saya cek semuanya termasuk RSU Pakulonan, dan 2 puskesmas transit pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Alhamdulillah semuanya siap, sekarang sedang tahap pembersihan. Kemudian listrik, lift, AC dan peralatan juga siap. Insya Allah Selasa pekan depan beroperasi,” kata Benyamin, Rabu (30/12/2020).

Pria yang akrab disapa Bang Ben ini menuturkan, RSU Pakulonan memiliki kapasitas kurang lebih 71 tempat tidur, dan dapat dimaksimalkan hingga 100 tempat tidur.

Kemudian, kata dia, Puskesmas untuk transit pasien OTG Covid-19 disiapkan 10 tempat tidur.

“Kita mengantisipasi kekhawatiran terjadi lonjakan Covid-19 di dua Minggu pertama Januari 2021 pasca liburan Natal dan tahun baru,”

Untuk mekanisme alur rujukan pasien Covid-19, Ben menambahkan, keluarga pasien bisa menghubungi nomor satgas Covid-19 Dinkes Tangsel 119 untuk kemudian pasien dibawa ke Puskesmas sambil menunggu konfirmasi rumah sakit tempat perawatan berikutnya.

“Untuk rujukan, keluarga pasien bisa menghubungi Satgas Covid ke nomor 119,” pungkas Ben.

Di lokasi yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan Deden Deni mengungkapkan, tujuh Puskesmas yang menjadi rujukan transit pasien OTG Covid-19 untuk sementara tidak menerima pasien umum.

Oleh sebab itu, Deden menambahkan, pasien umum yang akan menjalani pengobatan akan dialihkan ke pasilitas kesehatan terdekat yang berada di wilayah masing-masing.

“Jadi untuk sementara, tujuh puskesmas ini tidak menerima pasien umum, hanya khusus Covid-19. Mereka akan dialihkan ke puskesmas atau rumah sakit umum yang terdekat di wilayah masing-masing,” tandas Deden.

Untuk diketahui, Per Tanggal 8 Desember 2020, Kota Tangsel dinyatakan kembali menjadi zona merah. Untuk menyikapi hal itu, Pemkot Tangsel menyiapkan RS tipe C dan juga Puskesmas untuk transit pasien Covid 19 yang berada di tujuh kecamatan.

Untuk Kecamatan Pondok Aren berada di Puskesmas Pondok Betung, Serpong di Lengkong Wetan, Ciputat Timur berada di Puskesmas Pondok Ranji.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Serpong Utara berada di Puskesmas Pondok Jagung. Kemudian, Setu di Keranggan, Kecamatan Pamulang ada di Puskesmas Pamulang.

Sementara, untuk tempat transit pasien Covid terakhir berada di Puskesmas Kampung Sawah, Kecamatan Ciputat. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment