Untuk Kepentingan Umum

Ini Tips Merawat Motor di Musim Penghujan

Musim penghujan seperti saat ini bukan halangan untuk menjalankan aktifitas. 

Tentunya, bagi pengendara roda dua harus melakukan perawatan ekstra.

 

Bukan hanya sekedar perawatan luar seperti mencuci body motor. Melansir laman resmi Astra, ini beberapa cara perawatan motor di musim penghujan.

 

Pertama, pengendara motor biasakan memastikan tekanan ban usai menerjang genangan air. Sebab, jika tekanan udara ban motor Anda kurang, maka yang terjadi adalah permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan menjadi semakin banyak. Alhasil, tarikan motor Anda menjadi berat dan efeknya ban motor juga menjadi tipis.

 

Kedua, pastikan kondisi rantai dalam keadaan baik. Sebab, air hujan yang mengguyur bagian dalam motor maka akan menimbulkan karat, khususnya pada bagian rantai. Apalagi jika motor tidak menggunakan penutup rantai. Oleh sebab itu, sebaiknya setelan rantai kembali dikencangkan dan juga diberi pelumas khusus rantai.

 

Ketiga, Periksa kanvas rem dan piston cakram.

Seperti diketahui kanvas rem terbuat dari bahan asbes, yang mana jika terkena air akan menggelembung dan mengeras ketika sudah kering.

 

Oleh karena itu, usai mencuci motor sebaiknya pedal rem sering diinjak agar kanvas cepat kering. Pasalnya, jika tidak dilakukan hal tersebut, pedal rem akan terasa keras saat diinjak.

 

Selain itu, rem cakram juga harus sering dibersihkan karena cakram bersifat terbuka. Kemudian ketika menerjang genangan air atau banjir maka kotoran akan menempel pada cakram rem motor.

 

 

Keempat, Pembersihan bagian Knalpot.

Saat melewati genangan mengendarai motor pada musim hujan, kotoran air hujan akan menempel pada bagian dalam dan leher knalpot.

 

Oleh sebab itu, sebaiknya bersihkan bagian tersebut, agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan baik.

 

Untuk membersihkannya, Rider bisa semprotkan oli ke dalam bagian knalpot, kemudian olesi bagian leher knalpot dengan grease lalu panaskan kembali motor Anda dalam waktu kurang lebih 5 menit.

 

Selain ke empat hal diatas, busi motor juga menjadi bagian alat yang dibersihkan. Sebab, busi menjadi salah satu komponen vital yang perlu diperhatikan saat musim hujan.

 

Oleh kerena itu, setelah membersihkan motor maka sebaiknya mencabut kop atau karet penutup busi, kemudian tiup atau dibersihkan dengan lap. Karena jika busi motor basah maka akan menghambat pengapian motor ketika dinyalakan. (ari)

Golkar Kota Tangerang
Berita Lainnya
Leave a comment