Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Belasan Tenda Glamping RLC Diklaim Mampu Tingkatkan Imunitas

Pemkot Tangsel meresmikan Rumah Lawan Covid (RLC) zona dua.

 

Berbeda dengan sebelumnya, tempat isolasi warga terinfeksi virus corona ini dibangun di belakang bangunan utamanya dengan tema Glamping atau kemah mewah.

 

Airin Rachmi Diany Walikota Tangsel mengatakan, dibangunnya RLC zona dua dengan konsep berbeda untuk dapat lebih cepat meningkatkan imunitas tubuh.

 

Sebab, kata dia, selain vaksinasi, ketenangan jiwa masyarakat dipercaya mampu meningkatkan imunitas guna menangani wabah corona.

 

“Kalau stres itu imunitas turun, sehingga sulit meningkatkan antibodinya. Karena itu kami berupaya menemukan cara untuk menciptakan kawasan yang dapat mendukung peningkatan imunitas,” kata Airin, Selasa (9/3/2021).

 

Saat ini, Airin menuturkan, sebanyak 87 pasien masih menjalani isolasi di RLC.

 

Dengan upaya yang telah dilakukan, Airin berharap dapat menekan penyebaran dan mengurangi jumlah warga Tangsel yang terinveksi virus corona.

 

 

Di lokasi yang sama, Koordinator Rumah Lawan Covid-19 Suhara Manullang mengungkapkan, RLC zona dua memiliki sebanyak 150 tempat tidur.

 

Jumlah tersebut, kata dia, sama dengan kapasitas yang berada di zona satu, sehingga saat ini jumlah tempat tidur untuk isolasi menjadi 300.

 

“Zona dua ini akhirnya selesai. Ada empat klaster dengan jumlah 150 bed. Kita bikin konsepnya arena terbuka, karena Covid-19 kan kaitannya dengan psikis,” ujarnya.

 

RLC zona dua ini, Suhara menuturkan, memiliki sejumlah fasilitas yang cukup lengkap.

 

Selain fasilitas utama, dia menambahkan, tenda Glamping ini dilengkapi tempat tidur serta toilet, sarana prasarana pendukung seperti mesin cuci dan standing AC serta fasilitas publik seperti panic button, CCTV, dan jalur evakuasi.

 

“Nanti dalam pengoperasiannya yang akan menggunakan RLC zona dua merupakan pasien yang sudah menjalani isolasi sekitar 6 hingga 7 hari di RLC zona satu, bukan pasien baru. Itu dilakukan untuk menghindari bercampurnya pasien baru dan pasien yang sudah menghuni sebelumnya,” tandasnya. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment