Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Diresmikan, RSUD Pakulonan Dibangun Untuk Pasien Covid Kategori Sedang dan Berat

Pemkot Tangsel meresmikan RSUD Serpong Utara, Selasa (23/3/2021).

RS yang berlokasi di samping Kelurahan Pakulonan Jalan Raya Serpong tersebut diperuntukan kepada pasien Covid 19.

Walikota Tangsel Airin Racmi Diany mengatakan, RSUD Serpong dibangun lima lantai dengan kapasitas 104 tidur pasien.

Berbeda dengan Rumah Lawan Covid (RLC), kata dia, RSUD ini dikhususkan untuk merawat pasien Covid 19 dengan kategori sedang dan berat.

“Di sini untuk merawat pasien dengan kategori sedang dan berat.
lantai 2 akan difungsikan sebagai tempat farmasi, lantai 3 sebagai HCU, ICU, dan ruang operasi, kemudian di lantai 4 dan 5 akan difungsikan sebagai ruang perawatan,” kata Airin di lokasi.

Airin menuturkan, RSUD tersebut baru mulai dioperasikan satu minggu usai diresmikan, untuk menjalani sterilisasi terlebih dahulu.

Saat ini, Airin mengungkapkan, kasus Covid mengalami penurunan.
Kata dia, tingkat kasus kematian mengalami penurunan dari 4,2 ke 4 persen. Kemudian, kasus aktif positif yang minggu lalu mencapai 6,6 persen, saat ini turun di angka 4,2 persen.

Sementara, Airin menambahkan, tingkat kesehatan, kesembuhan mengalami peningkatan dari minggu lalu 89,2 menjadi 9,9 persen.

“Kita terus melakukan penambahan sarana dan prasarana untuk pasien Covid-19 seiring dengan masih adanya kasus terkonfirmasi positif. tapi paling ideal tidak ada penambahan atau hanya ada sedikit kasus,” ujarnya.

rsu serpong
Ia pun berharap keberadaan RSU tersebut dapat memberikan peningkatan layanan kepada masyarakat dalam hal kesehatan. Tentunya, pihaknya akan terus mendorong agar sarana penunjang di RSU bisa semakin baik agar masyarakat yang datang juga nyaman dan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.

“Adanya RSU ini kan bagian dari komitmen Pemkot Tangsel untuk memajukan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam hal kesehatan dan lain sebagainya. Kita akan terus mendorong tak hanya layanan kesehatan saja, tetapi juga semua layanan di Kota Tangsel. Ini menjadi komitmen pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan religius,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, dr Allin Hendralin menerangkan, di RSUD Serpong Utara sudah menyiapkan 13 dokter yang akan bertugas di RSUD Serpong Utara.

“Untuk dokter umum saat ini ada 7 orang, untuk dokter spesialisnya saat ini 6 orang yang terdiri dari dokter penyakit dalam, bedah, THT, anak, dan juga kulit,” tandasnya. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment