Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Media Berperan Menekan Angka Kekerasan Anak

Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel mengakui pentingnya peranan media massa dalam menekan angka kekerasan anak.

Informasi tentang edukasi pola asuh yang disampaikan media secara terus menerus akan mempengaruhi keluarga dalam memenuhi hak yang didapat oleh seorang anak.

“Teman-teman wartawan sangat berperan dalam menginformasikan materi edukasi pola asuh yang baik melalui media. Semua juga punya keluarga, jadi kita juga harus paham bagaimana pola asuh anak yang baik,” kata Kepala Bidang
Perlindungan Perempuan dan Anak DPMP3AKB, Kota Tangsel, Irma Safitri, Kamis (1/4/2021).

Informasi yang disampaikan secara masif oleh media massa, kata Irma, dapat memberikan pemahaman lebih, baik kepada keluarga, maupun stake holder untuk memenuhi hak anak.

“Pola asuh anak yang baik harus sering diberitakan, seperti berita covid, informasinya ini loh. Makanya peran media massa sangat diperlukan, jadi sosialisasi tentang bagaimana pola asuh anak yang baik,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini pemahaman masyarakat tentang kekerasan anak hanya sebatas kontak fisik saja. Padahal, kata dia, perkataan yang tidak menyenangkan juga termasuk bagian dari kekerasan anak secara psikis.

“Kekerasan itu bukan hanya pukul-pukul yah. Menyakiti dengan kata – kata, ancaman, diem-dieman, hina-hinaan itu tidak sadar kalau kita melakukan kekerasan psikis juga,” ungkapnya.

Meski gencar melakukan sosialisasi, Irma menambahkan, pihaknya tetap membutuhkan peranan media massa untuk menyampaikan informasi pemenuhan hak yang diharapkan menjadi implementasi Tangsel sebagai kota layak anak.

“Kita sudah jalan masif lah. Makanya pemerintah sampai membuat payung hukum. Ada Peraturan Daerah (Perda) no 1 tahun 2018 tentang penyelenggaraan kota layak anak. Disitu, diwajibkan dari tingkat rw, kelurahan, kecamatan, sekolah, puskesmas atau tempat ibadah juga layak anak. Kemudian fasilitas umum juga layak anak,” pungkasnya. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment