Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Disperindag Lakukan Pengawasan Gas Elpiji

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel melakukan pengawasan distribusi gas tabung tiga kilogram atau bersubsidi dengan sistem monitoring LPG tiga kilogram (Simol3k).

Kasi Pengawasan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Kota Tangsel Abdurrahman mengungkapkan, kegiatan ini rutin dilakukan saat ramadan dan jelang idul fitri. Hal itu lantaran meningkatkan kebutuhan masyarakat. Makanya, pengawasan gas tabung penting untuk dilakukan, apalagi pengawasannya menggunakan metode agar gas bersubsidi tidak diselewengkan. Dengan metode pengawasan Simol3k, maka pihaknya bisa melihat penyaluran gas bersubsidi, serta bisa memantau titik-titik pangkalan resmi, maupun langsung secara fisik dengan cara sidak ke agen dan pangkalan.
img 20210412 wa0098

“Hingga saat ini para agen dan pangkalan resmi patuh pada peraturan karena ada sanksi apabila ditemukan pelanggaran, sehingga pengawasan dengan model Simol3k juga sangat efektif,” katanya.

Maya mengatakan, berdasarkan laporan dari Himpunan Wiraswasta Nasional Pengusaha Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas), saat ini sedang mengalami penurunan karena banyak restoran tutup imbas dari Corona. Namun, kata dia, semakin banyak warga melakukan aktivitas di rumah akan membuat pemakaian gas jadi semakin banyak.

“Informasi dari Hiswana Migas sendiri untuk pemanfaatan gas semakin menurun. Mungkin karena restoran dan lain-lain berkurang sehingga cenderung menurun,” ujar Maya.

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III Jawa bagian Barat, telah menambah pasokan LPG subsidi Kg di wilayah Banten (Cilegon, Serang, Pandeglang dan Tangerang Raya) hampir lebih dari 50%

Dengan total tambahan hampir mencapai 570 ribu tabung di Provinsi Banten, Pertamina akan selalu memastikan kecukupan LPG 3 Kg di tengah masyarakat. Angka tersebut hanya tambahan pasokan, karena selain fakultatif, Pertamina tetap melakukan suplai regular di agen dan pangkalan sehingga total tabung LPG melon yang beredar mencapai 930 ribu tabung. (adv)

Berita Lainnya
Leave a comment