Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Pengendara, Hati-hati Lewat Jalan Ciater Kota Tangsel, Banyak Lubangnya

Pengendara yang menggunakan jalan Ciater, Serpong, mesti berhati-hati jika tidak ingin celaka. Ini lantaran kawasan tersebut banyak lubangnya. Jika pengendara tidak awas bisa terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Kondisi tersebut rupanya dikeluhkan oleh pemakai jalan.

“Lebih bagus jalan sebelumnya, lebih mulus. Pas sudah ada perbaikan kok malah tambah rusak, apalagi pas deket tikungan lampu merah pertigaan itu. Kalau tiddak hati-hati, bisa jatuh kita pasa bawa motor,” kata Hendra, salah seorang warga Kampung Ciater, Kelurahan Rawa Mekar Jaya.

Kok bisa masih banyak lubangnya, padahal berdasarkan data pencairan anggaran, proyek pembangunan Jalan Ciater Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah rampung sejak Desember tahun lalu. Namun berdasarkan pantauan, kondisi jalan tersebut hingga kini masih berlubang-lubang, dan tampak banyak terdapat tambal-tambalan aspal.

Menanggapi hal itu, Direktur Lembaga Independen Pemantau Pelaku Korupsi (Lippkor), Heryanto mengatakan, bahwa pelaksanaan proyek tidak sesuai, karena dilakukan ketika musim hujan.

“Semestinya tidak boleh mengaspal waktu musim hujan, nah itu timbulnya kan tidak awet jadi berlubang lagi,” ujarnya, Kamis (20/5/2021).

Lanjutnya, meski dalam klausul kontrak pekerjaan biasanya terdapat masa pemeliharaan, akan tetapi, jika masa itu sudah lewat dan jalan tetap dalam kondisi yang sama. Maka yang terjadi adalah akan ada penganggaran proyek serupa ditahun selanjutnya.

“Kalau seperti ini, ya ini kan bisa dijadikan setiap tahun serupa proyek, ya kan. Artinya ini proyek tidak awet, kok tiap tahun dianggarkan, jangan dijadikan bancakan proyek tahunan, sedangkan daerah lain atau lokasi lain masih butuh buat pembangunan,” tambahnya.

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Aldi S. Zuhri menjelaskan seharusnya jalan kota tidak boleh ada yang berlubang.

“Harusnya, sedikit saja (ada lubang) harus langsung diperbaiki. Cek aja lokasi Kalau ada jalan kota yang enggak bagus bilang ke saya,” imbuhnya. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment