Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Darurat Covid-19, Pemkot Tangsel Siapkan 74 Tidur Isolasi di RSUD Serut

Pemkot Tangsel akhirnya mulai mengoperasikan RSUD Serpong Utara (Serut), Senin (21/6/2021).

 

Dioperasikannya RSUD tersebut lantaran semakin melonjaknya ketersediaan tempat perawatan pasien Covid 19.

 

Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, saat ini ketersediaan tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) dan tempat isolasi untuk pasien Covid di Kota berjuluk Cerdas, Modern dan Religius semakin menipis.

 

“Per hari ini sudah mencapai 86% naik lagi itu tempat tidur ICU ya, dan tempat tidur isolasi sudah 79%,” kata Benyamin di Gedung DPRD Tangsel.

 

Guna membantu menangani pasien, di RSUD Serut disediakan 6 ICU dan 74 tidur untuk isolasi. Bahkan, kata dia, tempat untuk isolasi pasien juga bisa ditingkatkan menjadi 100 tempat tidur.

 

Selain itu, kata dia, dirinya juga telah meminta RS swasta untuk menambah kapasitas ruang perawatan untuk pasien Covid.

 

“Saya mengoperasikan rumah sakit Serut ada ICU di sana, dan minimum paling tidak ada 74 tidur isolasi. Bahkan bisa di tingkatkan menjadi 100 tempat tidur isolasi. Itu yang kami lakukan dalam hari ini, mudah mudahan ini bisa membantu,” tuturnya.

 

Sementara, pria yang akrab disapa Bang Ben ini mengungkapkan, untuk menjalani perawatan, masyarakat bisa mengakses nomor 119, untuk kemudian disalurkan ke RS yang masih bisa menampung pasien.

 

 

Selain itu, dia menambahkan, masyarakat juga bisa mendatangi Puskesmas terdekat untuk menjalani perawatan sebagai pasien Covid 19.

 

“Biasa, kalau prosedur penerimaan seperti biasa, syukur masyarakat bisa mengakses 119. Kemudian 119 nanti akan menyalurkan ke mana ada rumah sakit yang kosong. Kalau tidak itu silahkan ke puskesmas di transit dulu di puskesmas ditangani sementara nanti baru dijalankan di sana,” pungkasnya. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment