Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Camat Sebut Isoman Efektif Sembuhkan Warga Positif Covid-19 

Pandemi Covid- 19 yang melanda setahun lebih membuat semua pihak memutar otak guna menanggulangi dan melakukan proses penyembuhan akibat terinfeksi virus corona.

 

Inisiatif warga dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat positif Covid untuk melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) dinilai efektif sebagai upaya penyembuhan dari paparan virus.

 

Makum Sagita, Camat Pondok Aren Kota Tangsel mengatakan, dari 11 kelurahan yang ada di wilayahnya dua hingga tiga orang yang diketahui positif Covid menjalankan Isoman.

 

Dari rata-rata jumlah tersebut, kata dia, saat ini sudah sembuh dari paparan virus tersebut. Sebab, menurutnya, sikap gotong royong dan pengawasan RT/RW sangat dirasakan.

 

“Kalau yang Isoman rata-rata sembuh. Isoman di rumah itu efektif. Untuk makan dijadwal sama RT/RW-nya. Jadi yang Isoman sudah dijamin oleh Ketua RT dan RW, lingkungan setempat. Ada juga donasi, dibantu warga. karena RT/RW juga satuan tugas kita,” kata Makum saat ditemui di Pondok Aren, Senin (26/7).

 

Saat ini, kata dia, tercatat 157 orang di wilayahnya terpapar virus corona. Sementara, Makum menuturkan, warga yang positif Covid dengan penyakit bawaan langsung dirujuk ke Rumah Lawan Covid (RLC) yang memang dikhususkan menangani paparan virus tersebut.

 

“Kalau menurut hitungan data, ada 157 warga. Itu sudah terbagi, sudah ada yang dibawa ke RLC. Tapi kalau ada warga dengan penyakit bawaan, kita langsung bawa ke rumah sakit,” ujarnya.

 

Hal senada juga dikatakan Lurah Pondok Jagung Timur Jayadih. Kata dia, dari 30 warga yang melakukan Isoman, diketahui satu orang meninggal karena penyakit bawaan. 

 

 

“Kalau rata-rata disini yang isoman sembuh. Cuma ada di salah satu RT, 30 yang Isoman Covid, yang meninggal satu, itupun karena penyakit bawaan,” ungkap Jayadih

 

Sikap gotong royong yang dilakukan warganya, kata dia, dirasa sangat membantu. Pasalnya, kebersamaan yang dibangun oleh warga sangatlah dirasakan meningkatkan imun, sehingga diharapkan mempercepat proses penyembuhan orang yang terpapar Covid 19.

 

“Kita sudah terapkan gotong-royong, dan memberikan arahan untuk warga. Alhamdulillah, sistem gotong-royong di warga ini, sangatlah membantu, kegotongroyongan masyarakat sangat terasa, guna meningkatkan imun, dan dorongan kebersamaan antar warga,” pungkasnya. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment