Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

‘Perjuangan Belum Usai’ Jadi Pesan HUT RI ke 76 dari Komunitas Mural di Tangsel

Peraturan pemerintah yang membatasi kegiatan masyarakat saat pandemi Covid 19 membuat perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 76 tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

 

Kegiatan perlombaan yang sering diadakan masyarakat pada 17 Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan juga tak seperti biasanya.

 

Kendati begitu, kondisi ini tidak menyurutkan Komunitas Mural Golek Kota Tangsel untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui gambar dinding.

 

Pada dinding kosong di Sektor IX, Bintaro Pondok Aren, digambar kepalan tangan berlatar belakang merah putih dengan tulisan ‘Perjuangan Belum Usai’. Selain itu pada dinding tersebut juga digambar bunga matahari dan usia kemerdekaan Bangsa Indonesia.

 

Andi (26) Ketua Komunitas Mural Golek menjelaskan, maksud dari gambar yang dibuatnya tersebut adalah bahwa masyarakat harus terus berjuang diantaranya dalam menghadapi pandemi dan perubahan iklim yang sedang terjadi.

 

“Maksudnya perjuangan buat masa depan generasi kita. Seperti sekarang lagi ramai tuh isu-isu krisis iklim, makanya kita bawa gambar juga tanaman, ngajak orang buat nanam pohon. Yang perlu diingat, jangan buang sampah sembarangan, kita mulai dari kecil-kecil dulu yah,” kata Andi, Selasa (17/8).

 

Saat disinggung soal mural wajah presiden Joko Widodo 404 not found yang ramai beberapa waktu lalu, Andi mengungkapkan bahwa vandalisme dan mural merupakan sesuatu yang berbeda.

 

Gambar wajah Presiden tersebut, kata dia, dianggap bukan sebagai vandalisme lantaran tidak merusak fasilitas umum.

 

“Kalau kayak gitu menurut saya bukan vandalisme, walaupun nggak ada izin. Vandalisme itu kan merusak alam. Jadi selama enggak ada yang dirusak, menurut saya ya bukan vandalisme. Kan kata siapa tuh, dia bilang selama ada izin nggak masalah, mungkin karena engga ada izin jadi bermasalah yah. terus juga katanya lambangnya negara, padahal lambang negara burung garuda,” ujarnya.

 

Untuk diketahui, melansir situs resmi imural.id, kata mural berasal dari bahasa latin yaitu “Murus” yang berarti dinding. Secara luas, pengertian mural adalah menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen.

 

Perkembangan gambar dinding di Indonesia cukup pesat, saat ini mural juga dijadikan sebagai penyampai pesan dan juga menjadi wadah kritik sosial. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment