Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

RSUD Kota Tangerang Gelar Vaksinasi Ibu Hamil

Cakupan vaksinasi Covid-19 kini diperluas tak hanya pada lansia dan pelajar. Ibu hamil pun kini kebagian untuk mendapatkan suntikan tersebut. 

 

Lewat arahan pemerintah pusat, Pemkot Tangerang mulai memvaksin ibu hamil.Targetnya tak tanggung-tanggung, ada 3.157 orang yang akan dilakukan vaksinasi.

 

RSUD Kota Tangerang menjadi salah satu tempat yang kebagian untuk melaksanakan vaksinasi ibu hamil pada Kamis (19/8).

 

Sebanyak 60 bumil ikut ambil bagian dalam kegiatan perdana tersebut. Mereka berasal dari wilayah yang dekat RSU Kota Tangerang, yakni Puskesmas Cikokol, Tanah Tinggi, Sukasari, Panunggangan, Cipondoh, dan Poris Plawad.

img20210819092143

 

Plt Direktur Kepala dinas Kesehatan sekaligus merangkap Direktur RSUD Kota Tangerang dr Dini Anggraeni,MM mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bumil berjalan lancar. Mereka yang ikut vaksinasi usia kandungannya antara 13 minggu sampai 33 minggu. Sebelum disuntik, bumil tersebut telah dilakukan pemeriksaan secara mendetail.

“Saya sudah memantau jalannya vaksinasi. Insya Allah lancar dan terkendali. Nah, untuk bumilnya, yang memenuhi persyaratan sudah bisa disuntik,” katanya, Kamis (19/8/2021).

 

Dirinya pun menargetkan akhir Agustus ini para bumil sudah menerima dosis pertama. Ia pun berharap ibu yang tengah mengandung bisa ikut dalam vaksinasi.

 

Disinggung sosialisasi, Dini mengaku sudah menerjunkan sejumlah pihak guna memberikan pemahaman tentang vaksin. Ia tak menampik masih ada yang khawatir tentang vaksin. Namun, pihaknya memberikan penjelasan tentang vaksin dan bisa dipastikan aman.

“Pastinya masih ada yang takut. Tapi kita jelaskan kalau vaksinnya aman dan tidak akan terjadi apa-apa,” imbuhnya.

 

Sementara itu para bumil mengaku sempat merasa khawatir ketika akan divaksin. Tetapi setelah diberikan penjelasan, ia tenang. “Deg-degan sih awalnya. Karena kan ibu hamil baru dapat rekomendasi buat divaksin,” kata Anita, salah satu peserta vaksinasi.

 

Ia berujar proses skrining kesehatan yang dijalani sebelum menerima vaksin tergolong lancar. Usai disuntik, dia juga tidak merasakan keluhan atau efek samping apa pun. Sebelum divaksin, dia juga tidak melakukan persiapan khusus.Dirinya berharap, dengan mengikuti vaksinasi itu, anaknya juga mampu mendapatkan imun untuk mencegah penyebaran Covid-19.

 

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah berujar, sementara ini, pihaknya baru menggelar vaksinasi Covid-19 di 38 puskesmas dan di RSUD Kota Tangerang.Namun, dalam waktu dekat, Pemkot bakal menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh RS di Kota Tangerang.

“Di 33 RS nanti ke depan semuanya dan puskesmas jadi sentra vaksin ibu hamil. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan,” ungkapnya.(Adv)

Berita Lainnya
Leave a comment