Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Buru-buru Vaksinasi Soalnya Tahun Depan Bisa Bayar

Vaksinasi mandiri digulirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menyampaikan upaya pemerintah dalam program percepatan vaksinasi yang dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dalam program percepatan vaksinasi tersebut ada skema vaksinasi mandiri untuk kelompok masyarakat tergolong mampu.

“Upaya percepatan vaksinasi dilakukan melalui pelaksanaan program vaksinasi yang dibiayai APBN, juga untuk tahun depan, ada skema vaksinasi mandiri pada kelompok masyarakat mampu,” terang Menkeu Sri Mulyani seperti dikutip dari halaman setkab.go.id, Rabu 25 Agustus 2021.

Dalam pelaksanaannya pemerintah juga akan melanjutkan peningkatan kualitas anggaran kesehatan.

Anggaran itu, diarahkan untuk mendorong dan mendukung reformasi sistem kesehatan dalam bentuk transformasi layanan primer melalui penguatan puskesmas, penguatan fungsi promotif dan preventif (termasuk pengendalian penyakit dan imunisasi).

“Kemudian, transformasi layanan rujukan juga dilakukan melalui peningkatan ketersediaan tempat tidur dan akreditasi rumah sakit, serta peningkatan layanan kesehatan, terutama di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan,” ujarnya.

Transformasi ketahanan kesehatan dilakukan dalam bentuk peningkatan kemandirian farmasi dan alat kesehatan, serta penguatan ketahanan tanggap darurat. Peningkatan kualitas dan redistribusi tenaga kesehatan, serta pengembangan teknologi informasi dalam layanan kesehatan, seperti telemedisin dan digitalisasi layanan kesehatan.

“Langkah reformasi sistem kesehatan diharapkan anggaran kesehatan dapat memenuhi aspek ketersediaan, keterjangkauan, dan mutu,” pungkasnya. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment