Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Bebas, Saadi Khadafi Langsung Terbang ke Istanbul

Putra mantan pemimpin Libya Muammar Khadafi, Saadi Khadafi, dibebaskan. Pria 47 tahun itu dilaporkan segera berangkat dengan pesawat ke Istanbul.

Selama kurun waktu 2011, Saadi melarikan diri ke Nigeria, tetapi diekstradisi ke Libya pada 2014 dan di penjara di Tripoli sejak itu.

Mantan pesepakbola Perugia itu, dituduh melakukan kejahatan terhadap pengunjuk rasa pada 2011 dan membunuh pelatih sepak bola Libya Bashir al-Rayani pada 2005. Namun, ia dibebaskan dari tuduhan tersebut pada April 2018.

Libya telah mengalami kekacauan, perpecahan dan kekerasan dalam 10 tahun sejak pemberontakan. Selain Muammar Gaddafi, tiga putranya juga tewas.

Gencatan senjata pada tahun 2020 mengakhiri pertempuran antar faksi dan membuka jalan bagi pembicaraan damai dan pembentukan pemerintahan transisi pada bulan Maret. Pemilihan pemimpin baru pin direncanakan pada bulan Desember.

Sebuah sumber resmi mengatakan bahwa pembebasan Saadi merupakan negosiasi yang melibatkan tokoh suku senior dan Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibeh. Sementara sumber lain mengatakan negosiasi juga melibatkan mantan Menteri Dalam Negeri Fathi Bashagha. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment