Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Catat! Ini Syarat Nyebrang ke Sumatera

Bagi Anda yang akan bepergian dari Jawa ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak harus memenuhi beberapa persyaratan. Dari kartu vaksin sampai hasil tes minimal antigen.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy mengatakan, penumpang kapal wajib membeli tiket di aplikasi Ferizy. Selain itu, pengguna jasa layanan kapal penyeberangan juga diwajibkan menunjukan hasil negatif rapid antigen dalam waktu 1×24 jam. Ditambah lagi, dengan bukti vaksinasi Covid-19, minimal dosis pertama.

“Kelengkapan dokumen perjalanan akan diperiksa oleh Satgas Covid-19 di Tol Gate Pelabuhan Merak,” ujarnya.

Penumpang kapal tak perlu khawatir, sebab kapal-kapal di penyeberangan Merak-Bakauheni kapasitasnya juga dibatasi 50 persen. Bahkan, kapasitas kapal sering kurang dari 50 persen akibat sepinya penumpang. “Sehingga tidak perlu khawatir untuk menggunakan kapal penyeberangan,” tuturnya.

Saat ini, kata Hasan, operasional kapal 27 unit per hari. Dari biasanya sekitar 30 hingga 32 unit per hari di hari normal.

“Dermaga yang dioperasikan enam pasang dermaga dari tujuh pasang yang tersedia. Mengingat dermaga IV Merak sedang perbaikan,” paparnya.

Kata Hasan, jumlah penumpang pejalab kaki turun drastis, dari normalnya sekitar 1.300 orang per hari, menjadi 191 orang per hari. “Penurunan sekitar 85,4 persen,” paparnya.

Kendaraan bermotor yang menyeberang juga mengalami penurunan di masa PPKM Darurat. Dari biasanya sekitar 6.800 unit kendaraan per hari, menjadi 3.500 unit kendaraan per hari.

“Penurunan sekitar 47 persen,” ungkapnya. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment