Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Komnas HAM Soroti Over Kapasitas Lapas

Terbakarnya Lapas Klas I Tangerang disorot Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Lembaga itu meminta pembenahan sistem di Lapas secara komprehensif agar kejadian serupa tidak terulang.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bangunan Lapas Klas I Tangerang yang dinilai sudah rapuh dan memerlukan peremajaan. Namun demikian, Taufan meminta, penyebab kejadian kebakaran diselidiki lebih detil agar bisa dipastikan.

“Sementara katanya korsleting listrik, tapi kepolisian kami minta untuk menyelidiki lebih mendalam, lebih objektif dan transparan, sehingga semua masyarakat tahu apa yang sebetulnya terjadi,” pintanya.

Menurutnya, persoalan utama di Lapas saat ini penanganan overkapasitas yang masih belum dapat diatasi optimal oleh pihak terkait. Dalam hal ini, kasus narkoba mendominasi penghuni di Lapas.

“Masalah yang paling besar itu, bagaimana mengatasi overcapacity. Tadi saya katakan overcapacity ini sistemik, berhubungan langsung dengan sistem pemidanaan,” ujarnya.

Taufan mencontohkan, pengguna narkoba dalam sistem pemidanaan yang dipenjarakan sekian lama jumlahnya besar sekali di seluruh Indonesia, sehingga membuat Lapas overcapacity.

Oleh karena itu, menurut Taufan, harus ada perubahan dalam sistem Lapas di Indonesia.

“Mungkin dicari pendekatan yang lain untuk orang orang yang melakukan satu kesalahan seperti ini. Juga kasus-kasus yang lain di banyak Negara, sebetulnya sudah tidak lagi dimasukkan ke Lapas, tapi sistem hukum kita masih seperti itu,” tukasnya. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment