Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Ini Bahaya Penggunaan Tembakau Sintesis

Polres Kota Tangsel baru saja merilis penangkapan jaringan pembuat dan pengedar narkotika jenis tembakau sintetis. Sembilan tersangka berhasil diamankan dari tiga tempat berbeda, dengan total barang bukti 2.623,2 gram.Seperti jenis narkotika lainya, tembakau sintetis atau biasa disebut gorila itu memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh.

Melansir alodokter, jenis narkotika tersebut dinamakan tembakau sintetis lantaran dalam pembuatannya, tembakau dicampur dengan cannaboid sintetis. Tak sama dengan cannaboid alami (ganja), menurut Badan Kesehatan Amerika Serikat menyatakan, bahwa bahan sintetis tersebut sifatnya lebih tidak stabil dibandingkan dan juga lebih berbahaya jika dibandingkan dengan dengan ganja. Sejumlah negara pun sudah melaporkan adanya kasus kematian mendadak akibat penyalahgunaan narkotika jenis ini.

Sementara, efek buruk bagi tubuh yang disebabkan oleh tembakau sintetis tersebut seperti peningkatan denyut jantung yang ditandai dengan rasa berdebar, nyeri dada, sesak napas hingga henti napas. Selain itu, efek buruk lainnya adalah serangan jantung fatal, pendarahan hebat, stroke akibat perdarahan. Gangguan emosi, kecemasan, depresi, halusinasi dan juga gangguan tidur. Jika sudah terlanjur mengkonsumsi tembakau sintetis, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit yang memiliki fasilitas rehabilitasi narkoba. Dari kandungan zat yang tidak stabil di dalam tembakau sintetis itu, pengobatannya pun tidak sembarangan, harus berada di bawah pengawasan ahli. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment