Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Punya Kekayaan Triliunan Rupiah, Nurhali Mengajar di Gang Sempit

Kepala SMKN5 Tangerang Nurhali bikin gempar jagad maya karena kekayaannya mencapai Rp1,6 triliun. Sangat fantastis buat ukuran pegawai negeri. Ia masuk jajaran pejabat ke-7 terkaya di Indonesia versi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pejabat negara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ternyata kekayaan jumbo yang dimilikinya tidak dari usaha ataupun pekerjaan yang dilakoninya, melainkan harta warisan. Di mana ia punya tanah hampir 8 hektare di kawasan ‘segitiga berlian,’ Jakarta Utara. Tanahnya jika diuangkan mencapai Rp1,6 triliun.

Diakui Nurhali, hartanya itu merupakan warisan dari mertua. Dia mengaku tidak memiliki sumber penghasilan lain, seperti perusahaan atau saham. “Punya istri,” singkat Nurhali yang enggan berbicara lebih jauh terkait sumber kekayaan mertuanya tersebut seperti dikutip Lingkar Banten.com, kemarin.

Dikutip dari website smkn5tangerangkota.sch.id, Minggu (12/9/2021), Nurhali memiliki dua gelar yaitu Drs dan MPd. Nurhali sudah menjabat kepala sekolah selama 11 tahun. SMKN 5 yang dipimpinnya merupakan sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sekolah ini mempunyai empat program studi, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM), dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Berdasarkan LHKPN pejabat negara, Nurhali berada pada urutan ke-7 pejabat terkaya di Indonesia. KPK merilis data 10 pejabat terkaya tahun 2021 yang salah satunya Nurhali. Berikut urutan pejabat terkaya versi LHKPN KPK:

  1. Anggota Wantimpres Tahir, kekayaan Rp8,7 triliun
  2. Menteri Parekraf Sandiaga Uno, kekayaan Rp3,8 triliun
  3. Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, kekayaan Rp2,4 triliun
  4. Menteri BUMN Erick Thohir, Kekayaan Rp2,3 triliun
  5. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, kekayaan Rp2,029 triliun
  6. Kabag Kesra Sekda Pemkab Rokan Hulu Umzakirman, kekayaan Rp1,8 triliun
  7. Kepala SMKN 5 Kota Tangerang Nurhali, kekayaan Rp 1,6 triliun
  8. Direktur Digital Business PT Telkom Muhammad Fajrin, kekayaan Rp1,5 triliun
  9. Anggota Wantimpres Muhammad Mardiono, kekayaan Rp1,2 triliun
  10. Wakil Camat Setiabudi Jan Hider Oslannd, kekayaan Rp958 miliar

(Tribunnews.com/Sri Juliati, Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim)

Berdasarkan https://elhkpn.kpk.go.id, luas tanah yang berada di Jakarta Utara sebesar 80 ribu meter persegi, dan jika dirupiahkan mencapai Rp1,6 triliun. Tanah tersebut tercatat sebagai harta warisan.

Untuk luas tanah yang berada di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang yang nominalnya mencapai Rp1,2 miliar juga tercatat sebagai warisan. Saat ini, Nurhali memiliki tiga kendaraan dengan total Rp558 juta, yakni Pajero Dakkar keluaran 2015 senilai Rp350 juta, Honda Jazz tahun 2011 senilai Rp200 juta, dan kendaraan roda dua senilai Rp8 juta.

Dia juga memiliki harta bergerak lain senilai Rp74 juta, kas senilai Rp4,5 juta, dan harta lain mencapai Rp30 juta. Kemudian, kas dan setara kas Rp4,5 juta, serta harta lainnya Rp30 juta. Nurhali memiliki utang sebesar Rp46 juta.

Tempat Mengajarnya Sempit, Cukup Satu Mobil Saja

Saat mengunjungi tempat Nurhali berdinasi di SMKN 5 Kota Tangerang, tampak sekolah ini berada di gang sempit yang hanya bisa dilalui satu mobil. Dari jalan utama, letak sekolah berada sekira 500 meter.

Di ujung gang, terdapat pertigaan tajam. Di bangunan bercat kuning dengan pintu gerbang terbuka inilah, Nurhali berdinas sebagai kepala sekolah. Masuk ke dalam sekolah, tampak gedung bertingkat berbentuk U. Di tengahnya tampak lapangan yang biasa digunakan untuk upacara. Di belakang sekolah bangunannya runtuh dan akan ada proyek.

Secara umum, kondisi sekolah tampak biasa saja. Bisa dibilang butuh banyak perawatan. Sejumlah warga yang ditemui pun mengaku kaget saat mendengar berita viral tentang harta kekayaan Nurhali.

Rata-rata, mereka tidak menyangka jika Nurhali memiliki harta yang sedemikian banyak. Apalagi dalam kesehariannya, dari segi penampilan dia tidak nampak mencolok mata. Sikapnya sederhana dan tidak bermewah-mewahan. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment