Untuk Kepentingan Umum

Mahasiswa Akuntansi Unpam Bagi-bagi Tips Pengelolaan Uang di Masa Pandemi ke Warga

Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang (Unpam) memberikan edukasi perencanaan keuangan rumah tangga di masa pandemi kepada warga.

Edukasi kepada warga Cluster Green Avenue, Rawa Kalong, Gunung Sindur Kabupaten Bogor Jawa Barat itu merupakan bagian Tri Dharma perguruan tinggi yang dilakukan Melalui kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM).

Kegiatan PmKM yang digelar secara daring pada 6 November 2021 itu dilakukan oleh kelompok yang dikomandoi Apri Susanto beranggotakan Laila Nuraini, Nandhita Ayu Prameswary dan Silvia Ariyanti bersama Dosen Pembimbing Dwi Septiani SE, MM, mengusung tema ‘Finansial Planning Keuangan Rumah Tangga untuk Menjaga Perekonomian di Masa Pandemi Covid 19’.

Dipilihnya tema perencanaan keuangan itu,  kata Apri Susanto lantaran Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 berdampak bukan hanya di bidang kesehatan saja. Namun, akibat pandemi itu juga berdampak buruk pada sektor ekonomi.

“Kami selaku mahasiswa/i Universitas Pamulang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya mengelola keuangan disaat masa pandemi maupun sesudah pandemic, terkait bagaimana cara mengelola keuangan yang baik agar lebih efektif sehingga dapat memiliki perencanaan-perencanaan yang matang dalam pengeluarannya,” kata Apri ditulis Selasa (9/11/2021).

Materi yang disajikan dalam kegiatan tersebut, Apri menuturkan, sangat mudah dipahami oleh warga, seperti bagaimana cara mengevaluasi sumber penghasilan dan Anggaran, menjadi seseorang yang bijak dalam berbelanja, mencari penghasilan tambahan.
kemudian, kata dia, dalam sosialisasi perencanaan pengelolaan uang itu juga ibu rumah tangga diedukasi tentang bagaimana menyisihkan uang untuk investasi serta menyiapkan dana pendidikan untuk anak di masa yang akan datang.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut dia berharap, masyarakat terutama warga Cluster Green Avenue bisa meningkatkan dan mengembangkan stabilitas perekonomiannya lewat materi-materi yang telah kami paparkan.

“Semoga ilmu yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak warga Cluster Green Avenue Pamulang dan juga berguna bagi kehidupan sekarang maupun yang akan dating,” tutup Apri

Sementara, Femin, salah seorang warga Cluster Green Avenue mengaku dengan adanya edukasi dari Mahasiswa Unpam mendapat informasi dan wawasan baru tentang pentingnya perencanaan keuangan, apalagi dalam kondisi seperti saat ini. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment