Untuk Kepentingan Umum

Ribuan Aplikasi Milik Pemda Disebut Menkominfo Tak Efisien

RESPUBLIKA.ID – Lebih dari 24700 aplikasi dibuat oleh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk pelayanan country plan.

Banyaknya aplikasi tersebut menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G Platte malahan tidak efisien.

Sebab, kata dia, dari ribuan aplikasi tersebut hanya tiga persen yang memenuhi standar.

“Saat ini memang ada banyak sekali aplikasi dalam rangka pelayanan country plan ya ada lebih 24.700 aplikasi yang di gunakan Pemerintah pusat dan daerah itu terlalu banyak dan tidak efisien,” kata Johny, di Ice BSD, ditulis Rabu (15/12/2021).

Kunjungannya di Kabupaten Tangerang tersebut, kata Johny, untuk melakukan konsolidasi dan membuat sebuah sistem super besar, yang memudahkan Pemda untuk memanfaatkan sektor sektor prioritas di wilayahnya.

Sehingga, pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tepat sasaran.

“Kita ingin melakukan konsolidasi, membuat satu aplikasi yang memudahkan bagi Pemda, untuk memanfaatkannya, sekaligus efisien. Sehingga, pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu, bisa digunakan ke sektor-sektor prioritas lain,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Johny menambahkan, badan negara dan Pemda perlu memastikan tata kelola data pemerintah yang lebih baik, serta membangun pusat data yang saat ini sudah dibangun pihaknya.

“Semoga tahun depan akan segera dimulai, tahun 2023 pusat data pemerintah pertama bisa mulai digunakan dalam rangka mengatur integrasi dan interoperabilitas data yang memudahkan pengambilan keputusan berbasis data,” pungkasnya. (Ari)

Berita Lainnya
Leave a comment