Untuk Kepentingan Umum

Persoalan Sampah Jadi PR, Kadis Baru DLH Tangsel Inventarisir TPS3R

RESPUBLIKA.ID – Sampah masih menjadi persoalan yang belum teratasi secara menyeluruh di setiap Kota/Kabupaten.

 

Campur tangan semua pihak baik warga dan pemerintah digadang-gadang mampu mengatasi persoalan itu.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis DLH) baru Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman mengatakan, pihaknya  tengah menginventarisir Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse, Recycle (TPS3R) yang ada di wilayahnya.

 

Sebab, kata dia, dengan mengoptimalisasi TPS3R menjadi solusi penanganan sampah di Kota bertajuk Cerdas, Modern dan Religius.

 

“Urusan bidang lingkungan hidup isu yang strategis adalah persampahan atau pencemaran karena sampah, penanganannya melalui 3R,” kata Wahyunoto, usai serah terima jabatan dengan Kadis DLH lama Toto Sudarto, Kamis (13/1/2022).

 

Selain itu, Wahyu menuturkan, akan memberikan edukasi kepada masyarakat dengan cara melakukan pemilahan sampah organik dan non organik di lingkup rumah tangga.

 

Dengan edukasi yang maksimal kepada masyarakat, kata dia,  diharapkan dapat mengurangi penumpukan di TPS3R dan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

 

“Kita lebih tekankan edukasinya kepada rumah tangga selaku produsen sampah, sebelum sampai ke TPS3R sudah dipilah. Jadi bisa mempercepat pengolahan sampah,” tuturnya.

 

Saat ini, Wahyu mengungkapkan, dari 54 TPS3R yang ada, hanya ada 47 tempat pengelolaan sampah yang aktif.

 

Oleh sebab itu, peran serta semua pihak sangat diharapkan, agar persoalan sampah di Kota Tangsel dapat teratasi secara maksimal.

 

“Ada sekitar 47 TPS3R yang aktif. Artinya, pengurusnya itu yang benar-benar dia di lokasi itu. Dengan adanya edukasi pemilahan dari mulai rumah tangga mudah-mudahan tidak terjadi lagi keadaan yang tidak diinginkan,” tutup Wahyu.(Ari).

 

Berita Lainnya
Leave a comment