Untuk Kepentingan Umum

Ponpes Al Kautsar Tangsel Jadi Rujukan LPTQ Babel Belajar Al Quran

RESPUBLIKA.ID – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Kautsar, Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Kota Tangsel disambangi rombongan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Bangka Belitung (Babel).

 

Kedatangan rombongan itu dalam rangka peningkatan sumber daya manusia jajaran LPTQ di wilayah yang juga dikenal dengan ‘Negeri Laskar Pelangi’.

 

“Tema yang kami bawa adalah dalam rangka peningkatan sumber daya manusia, para pelatih para Pembina dan Para pengurus LPTQ Bangka Belitung,” kata Ketua LPTQ Bangka Belitung, H Sopian di lokasi, Rabu (9/3/2022).

 

Menurut Sopian, Ponpes Al Kautsar, adalah salah satu pusat tantangan dalam bidang tahfidz, tilawah dan juga bidang-bidang lainnya.

 

Selain ke Kota Tangsel, Sopian mengaku, rombongannya juga akan mendatangi wilayah lain, seperti DKI Jakarta dan Bandung.

 

Sebab, kata dia, kota-kota yang disambanginya itu dapat menjadi tempat belajar pengembangan tilawatil Qur’an.

 

“Kami melihat bahwa DKI Jakarta dan kota-kota yang lain itu memang langganan juara. Juara dari tingkat anak-anak sampai dewasa dari semua bidang. maka kami perlu belajar banyak selaku daerah yang baru maju, baru ingin berkembang dan kami ingin menimba ilmu dari para guru-guru para kiai yang ada di sini,” ungkap Sopian.

 

Di lokasi yang sama, Pimpinan Ponpes Al Kautsar, KH Muhamad Ali HM, mengaku senang kedatangan rombongan LPTQ Babel.

 

Kata dia, pesantren yang dipimpinnya itu memang memfokuskan pembelajaran mulai dari makhorijul huruf, hafalan (Tahfidz), dan juga tehnik membaca  Alqur’an dengan irama.

 

Sehingga, santri yang berada di pondoknya dapat membaca ayat Alquran dengan baik.

 

“Kita sangat senang kedatangan rombongan dari Babel. Kalau di sini fokus belajarnya Alquran, satu Guru itu bisa megang 10-12 santri, supaya lebih terkontrol ya, dari Alquran yaitu mulai tahsinya atau membaca alquran dengan baik, ada juga yang masih Iqro kemudian meningkat lagi kepada yang mujawwad, yakni membaca Alquran dengan irama dengan lagu,” tutur Buya Ali.

 

Dari Ponpes yang dipimpinnya itu, Buya Ali mengungkapkan, telah mencetak pembaca Alquran yang berprestasi, mulai dari tingkat kecamatan, hingga tingkat internasional.

 

“Kita dari tingkat kecamatan, Walikota, Kabupaten, Provinsi Nasional bahkan internasional sudah semua, ya berprestasi di Malaysia di Maroko di Saudi Arabia kita sudah berkiprah,” tutupnya.

 

Kedatangan rombongan dari Babel juga diapresiasi Ketua LPTQ Kota Tangsel, KH. Muhammad Sobron Zayyan.

 

Menurutnya, kedatangan rombongan tersebut ke Al Kautsar sangat tepat, lantaran menjadi salah satu Ponpes yang menurunkan peserta, untuk mewakili Tangsel dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

 

“Kehadiran rombongan Babel  sangat tepat, karena memang disinilah gudangnya Qori Dan Qoriah di Tangsel, dan juga  selalu bersinergi dengan pemerintah Tangsel dalam hal pemutusan peserta MTQ tingkat provinsi Banten, sehingga LPTQ Tangsel bisa menjadi juara umum, karena beberapa pesantren yang salah satunya Al Kautsar,” pungkasnya.(Ari).

 

Berita Lainnya
Leave a comment