Untuk Kepentingan Umum

Penempatan Pasar Ciputat Diundi, Disperindag Tangsel Utamakan Pedagang Terelokasi

RESPUBLIKA.ID – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel melakukan pengundian tempat berdagang di pasar Ciputat.

 

Pengundian tersebut dilakukan untuk menentukan penempatan kios dan los usai gedung pasar direvitalisasi.

 

Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Tangsel, Endang mengatakan, pengundian tersebut digelar sejak Senin, 21 Maret 2022 kemarin kepada 468 pedagang yang lolos seleksi.

 

Kata dia, pengocokan nomor undian itu dilakukan sesuai komoditi dagangan yang dijual oleh para pedagang.

 

Dari 502 pedagang yang lolos seleksi itu 486, terdiri dari berbagai macam komoditi. Pengocokan itu jita bagi sesuai dengan kategori komoditi,” kata Endang, di kantor Kelurahan Ciputat, Tangsel, Jumat (26/3/2022).

 

Kemudian, Endang menuturkan, dalam pengundian itu diperuntukan untuk pedagang pasar yang terkena relokasi.

 

Oleh sebab itu, pihaknya memastikan tidak terdapat pedagang baru. 

 

“Pengundian ini tidak ada pedagang baru. Semuanya harus bawa formulir dan KTP relokasi. Kalau untuk pedagang kaki lima (PKL) yang di jalan, itu mungkin nanti yah, saya belum bisa komentar. Kita selesaikan dulu tahapan pengundian untuk pedagang yang direlokasi kemarin,” tuturnya.

 

Dari informasi yang dihimpun, pada pengundian penempatan pedagang itu sempat terjadi penolakan oleh pedagang pakaian.

 

Kepala UPT Pasar, Disperindag Tangsel Ferdian mengungkapkan, penolakan tersebut berawal dari pedagang pakaian yang meminta satu lantai khusus untuk menjajakan komodotinya.

 

Kendati begitu, Ferdian mengatakan, pihaknya telah mencarikan solusi, agar penempatan kios dan los di pasar Ciputat pasca relokasi berjalan kondusif.

 

“Kemarin waktu diundi,  pedagang pakaian engga mau dipisahin kocokannya, khusus mereka itu, aspirasinya minta di lantai dua. Karena banyak, terus engga muat kita dorong di lantai tiga, di lantai dua itu ga muat,” ungkapnya.

 

“Kita sudah berikan solusi sesuai dengan permintaan pedagang, akhirnya kita taruh di lantai dua. Sesuai dengan keinginan mereka, tapi akhirnya dia dibagi dua di gedung a dan b. Tapi tetap di lantai dua,” pungkasnya.

 

Sebelumnya diberitakan, para pedagang pasar Ciputat, meminta segera dikembalikan berjualan di pasar Ciputat hasil revitalisasi setelah di relokasi.

 

Menanggapi permintaan itu, Pemkot Tangsel melalui Disperindag menjanjikan para pedagang dapat kembali menjajakan dagangannya pada 28 Maret 2022 sebelum bulan Ramadhan tiba. (Ari)

Berita Lainnya
Leave a comment