Untuk Kepentingan Umum

Antisipasi Tumpukan Sampah Idul Fitri, DLH Tangsel Siagakan Ratusan Pesapon

RESPUBLIKA.ID – Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersiap mengantisipasi tumpukan sampah di wilayahnya.

 

Ratusan pesapon dan puluhan kendaraan pengangkut sampah disiagakan mulai malam takbiran hingga saat perayaan Idul Fitri 2022.

 

“Saya juga minta pesapon dari LH standby pada malam takbiran dan hari idul fitri sampai sore,” kata Benyamin Davnie, usai rapat pengawasan dan pengamanan Idul Fitri bersama Forkopimda, Selasa (26/4/2022).

 

 

Terpisah, Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 372 pesapon serta puluhan truk dan kendaraan kecil lainnya untuk mengangkut sampah.

 

 

Biasanya, Kata dia, saat perayaan Idul Fitri sampah yang ada, didominasi oleh sampah rumah tangga dan juga dari pasar.

 

“Kita akan terjunkan 372 pesapon, 25 truk dan kendaraan kecil lainnya untuk mengangkut sampah,” kata Yudha.

 

Pada perayaan Idul Fitri 2022 ini, menurut Yudha, kenaikan volume sampah di Tangsel tidak terlalu signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya.

 

Hal itu, kata dia, disebabkan oleh  warga yang diperbolehkan pulang kampung, sehingga tidak terlalu banyak aktivitas warga di kota bertajuk Cerdas, Modern dan Religius.

 

“Kenaikan sampah lebaran diperkirakan 5-10% dari 400 ton, dikarenakan tahun ini sudah bisa kembali mudik ke kampung halaman, jadi tidak akan terlalu signifikan kenaikan sampah di libur lebaran tahun ini dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

 

Kendati begitu, guna mengurangi volume sampah, Yudha menghimbau masyarakat agar tetap menjaga lingkungan dan juga  dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta menjaga protokol kesehatan sebagaimana aturan pemerintah.

 

 

“Himbauannya tetap sayangi lingkungan sekitar, dimulai dari kebiasaan jangan membuang sampah sembarangan dan Jaga protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah selama Libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2022,” pungkasnya. (Ari)

 

Berita Lainnya
Leave a comment