Untuk Kepentingan Umum

Asyik, DCKTR Siapkan SPAM Pasok Air Bersih Bagi 52 Ribu KK di Tangsel

Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sosialisasi program strategis nasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Karian Serpong. 

 

SPAM Regional Karian Serpong segera dibangun tahun 2023 ini guna memenuhi kebutuhan air bersih di sebagian wilayah Tangsel. Proyek itu merupakan bagian dari proyek strategis nasional pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

 

Kepala Bidang Air Minum dan Air Limbah pada DCKTR, Hadi Widodo menjelaskan, SPAM Karian Serpong akan dibangun di sekitar Villa Mutiara, Kelurahan Jelupang, Serpong Utara. Nantinya akan ada kuota aliran air mencapai 650 meter kubik perdetik untuk Kecamatan Serpong, Serpong Utara dan Pondok Aren. 

 

“Dari 650 meter kubik perdetik itu, dapat mengaliri 52.000 Kepala Keluarga (KK),” ujarnya saat diminta keterangan usai kegiatan sosialisasi di Aula Kecamatan Pondok Aren, Kamis (21/07/22).

 

Lebih lanjut, Hadi mengatakan, untuk progres pembangunannya saat ini sedang proses persiapan. Realisasi pengerjaan fisiknya diperkirakan mulai tahun 2023 dan ditargetkan rampung pada tahun 2024. 

 

“Untuk anggarannya lagi dikaji, bisa dari APBD, bisa juga dari APBN dan skema kerjasama juga dibuka nanti,” terangnya. 

 

Hadi berharap dengan adanya proyek strategis nasional SPAM Karian Serpong ini, maka kebutuhan air bersih untuk masyarakat Tangsel bisa terpenuhi. 

 

“Kita ingin seluruh masyarakat di Tangsel bisa menikmati fasilitas air bersih, dan sosialisasi ini bagian dari proses menuju implementasinya nanti,” tandasnya. (Adv)

Berita Lainnya
Leave a comment