Untuk Kepentingan Umum

Medsos Jadi Alat Pengembangan Diri, Jika

Dosen Universitas Pamulang Ibrahim Bali Pamungkas mengatakan, penggunaan media sosial dalam kesehariannya bisa membawa sebuah perubahan dalam masyarakat.  Mengingat penggunaan gadget kini hampir dipunya warga. Otomatis bakal ada perubahan jika perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etika dan norma yang ada.

 

“Media sosial adalah sarana yang digunakan untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual,” katanya, saat seminar yang mengambil tema Media Sosial Sebagai Media Pengembangan Diri, di  SMK Via Medika, Jl. Wr. Supratman Kp. Utan No. 1 Ciputat Timur, Jumat (12/5).

 

Ibrahim mengungkapkan, pergeseran dalam kehidupan masyarakat lewat media sosial mengandung nilai-nilai, sikap dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok di dalamnya. Termasuk hal positif seperti kemudahan memperoleh dan menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan secara sosial dan ekonomi. Sedang hal negatif contohnya bermunculan kelompok-kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma-norma yang ada.

 

“Jadi media sosial tidak hanya digunakan untuk hiburan semata, melainkan dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal positif lainnya. Salah satu hal positif dari media sosial yaitu dapat digunakan sebagai wadah untuk mengembangkan diri sehingga dapat menjadikan diri kita menjadi lebih produktif,” ujarnya.

 

Ia juga menjelaskan pengembangan diri yakni proses yang melibatkan upaya untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan potensi diri seseorang agar mencapai tujuan yang diinginkan. Proses ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, termasuk belajar, berlatih, mengikuti pelatihan, mencari inspirasi, dan memperluas jaringan sosial.

 

 

“Awalnya pengembangan diri mungkin terlihat sulit atau bahkan menakutkan karena seseorang harus mengubah diri mereka sendiri. Namun, ketika seseorang mulai mengambil langkah kecil untuk mencapai tujuannya, proses ini akan terasa lebih mudah dan menyenangkan,” katanya. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment