Untuk Kepentingan Umum

Masih Fase Pemeliharaan, Perbaikan Tembok Longsor Akibat Hujan di Babakan Terus Dikebut

Longsor yang terjadi pada pagar tembok Kantor Kelurahan Babakan, Jalan Baru Babakan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), terus dikebut. Longsor yang diakibatkan curah hujan tinggi itu menyebabkan pagar tembok Kantor Kelurahan Babakan ikut ambles nyaris menimpa badan jalan.

 

Pantauan di lokasi pada Selasa (16/05/23), sejumlah pekerja disertai alat berat meratakan material longsor di batas tebing pagar Kantor Kelurahan Babakan. Material longsor pun telah dievakuasi agar tak mengganggu aktivitas perbaikan jalan.

 

“Ini masih fase pemeliharaan, jadi langsung diperbaiki secepatnya,” terang Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR), Hadi Wibowo.

 

Perbaikan material longso dikerjakan sejak malam kejadian peristiwa itu berlangsung, Sabtu 13 Mei 2023 malam. Di tengah guyuran hujan, puluhan pekerja yang dikordinasikan DCKTR langsung membersihkan material longsor dari badan jalan.

 

Lurah Babakan, Teten Haryanto, menerangkan, aktivitas pelayanan tak terganggu selama perbaikan berlangsung. Hanya saja, aktivitas pegawainya diarahkan agar tak mendekati lokasi perbaikan pagar tembok yang longsor.

 

“Untuk pelayanan berjalan seperti biasa tidak ada kendala. Tidak ada pengaruh, pelayanan berjalan seperti biasa,” jelasnya.

 

Kantor Kelurahan Babakan dan Kantor Kecamatan Setu dikerjakan berbarengan menggunakan anggaran tahun 2022. Kantor pelayanan di sana belum lama ditempati menggantikan kantor sebelumya.

 

Longsor yang terjadi pada Sabtu malam lalu disebut akibat derasnya curah hujan yang turun. Tembok dan pagar Kantor Kelurahan Babakan diduga tak mampu membendung derasnya aliran air hingga bagian tebing ambrol. (Adv)

Berita Lainnya
Leave a comment