Untuk Kepentingan Umum

Jelang Idul Fitri, Sejumlah Ruas Jalan Tangsel Diperbaiki

RESPUBLIKA.ID – Sejumlah ruas jalan di Kota Tangsel diperbaiki menjelang hari raya Idul Fitri 2024.

Perbaikan dan pemantapan kualitas jalan itu dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan para pemudik.

“Dalam rangka meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat Tangsel, dinas kami telah melakukan sapu lobang  di beberapa jalan prioritas yang akan di lalui para pemudik, termasuk jalan arteri menuju akses tol atau jalan provinsi dan nasional,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Robby Cahyadi, Selasa (2/4/2024).

Robby menuturkan, perbaikan jalan milik Pemkot Tangsel diantaranya dilakukan di jalan Ciater Raya sepanjang 2.195 meter dan jalan Serua sepanjang 2.245 meter.

Kemudian, jalan Merpati Ciputat menuju jalan Cendrawasih, ke arah pintu tol Bintaro, juga telah dapat dinikmati oleh para pemudik.

Sementara, untuk jalan Nasional ruas Jakarta – Bogor dan jalan Provinsi, DSDABMBK Tangsel terus berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional Wilayah Banten Kementrian PUPR, dan juga Dinas PUPR Provinsi Banten.

“Selain itu, akses jalan lainnya yang telah diperbaiki untuk kenyamanan para pemudik meliputi jalan Merpati Raya menuju jalan Cendrawasih, jalan Kihajar Dewantoro, WR Supratman, Jl. Rawa buntu, Bintaro sektor 3, Bintaro sektor 3A, Jalan Senayan, Jalan Maleo, Pondok Betung, Ceger, Jalan Pasar Jengkol, dan sejumlah jalan lainnya,”tuturnya.

Selain pemantapan jalan, DSDABMBK juga menyiapkan posko dan alat berat untuk penanggulangan banjir.

Pengangkatan sedimentasi sungai dan tandon dengan alat berat serta normalisasi drainase di beberapa ruas jalan kota juga dilakukan untuk mengantisipasi genangan air di jalan.

“Mengingat curah hujan saat ini masih cukup tinggi, kami telah menyiapkan mesin pemompa air yaitu pompa pasang sebanyak 85 unit rumah pompa dalam siaga aktif dan unit pompa portable, juga menempatkan petugas di sejumlah titik rawan banjir, seperti Maharta, kali Serua ciputat, Vila Bintaro, kali Cibenda,” ujarnya.

“Kalau ada genangan atau banjir warga juga bisa melapor ke Portal pengaduan masyarakat Dinas SDABMBK, instagram @sdabmbk, NTPD 112 Tangsel Siaga dan Lapor.go.iddan pesan Whatshap 0816333484,” pungkasnya.(Ari)

Berita Lainnya
Leave a comment