Untuk Kepentingan Umum

Puluhan Kendaraan Angkut Sampah Tangsel Antre Masuk TPA Cipeucang

RESPUBLIKA.ID – Puluhan kendaraan pengangkut sampah Kota Tangsel mengantre masuk ke TPA Cipeucang. 

 

Banyaknya sampah pasca hari raya Idul Fitri, membuat antrean panjang hingga ratusan meter dari tempat pembuangan sampah milik kota bertajuk Cerdas, Modern dan Religius itu. 

 

Pantauan Respublika.id pukul 09:00 WIB di lokasi, nampak kendaraan pengangkut mulai dari truk ambrol hingga bentor pengangkut sampah bergantian memasuki TPA Cipeucang. 

 

Sedangkan, angkutan sampah lainnya yang belum bisa memasuki tempat pembuangan nampak terparkir disepanjang jalan menuju TPA hingga depan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Tangsel, di Jalan Raya Serpong. 

 

Salah seorang sopir pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dirinya telah menunggu sekira 2 jam untuk membuang sampah yang dibawanya dari wilayah Pamulang. 

 

“Kalau saya sih belum lama, kurang dari dua jam mah, tapi kalau yang lain sudah dari tadi,” Katanya saat menunggu antrean di depan kantor Dishub Tangsel, Selasa (16/4/2024). 

 

Terpisah, Kepala Bidang Kebersihan DLH Tangsel, Tubagus Aprilliadhi menuturkan, antrean sampah ke TPA Cipeucang disebabkan karena adanya kenaikan volume sampah pasca hari raya Idul Fitri. 

 

“Biasanya sampah masuk (TPA Cipeucang) 400 ton, pasca Idul Fitri kenaikan kurang lebih naik 10%,” tuturnya. 

 

Kemudian, untuk membongkar sampah dari satu truk juga memerlukan waktu sekira 10 hingga 15 menit. 

 

Meski pembongkaran sampah dari kendaraan pengangkut tergolong cepat, Aprilliadhi mengatakan, selain membongkar, petugas di TPA Cipeucang juga melakukan penataan sampah yang telah diturunkan dari kendaraan pengangkut. 

 

“Untuk bongkar biasanya tergolong cepat hanya 10-15 menit sih, cuma kenapa ada antrean memang di TPA Cipeucang sekaligus berjalan penataan sampah,” Pungkasnya. (Ari)

 

Berita Lainnya
Leave a comment