Untuk Kepentingan Umum

Ekonomi Kerakyatan Dikembangkan Dinkop dan UKM

Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan gelar Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) . Forum ini membahas rencana kegiatan tahun 2019 mendatang dihadir perwakilan koperasi dan UKM se Kota Tangerang Selatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, Dahlia Nadeak menjelaskan, sesuai dengan misi 4 Dinas Koperasi dan UKM fokus pada peningkatan daya saing perekonomian daerah.

Mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis inovasi dan produk unggulan dengan target sasaran seperti peningkatan prasarana dan sarana perekonomian, peningkatan iklim investasi yang kondusif dan pemberian insentif pajak dan perizinan serta pengembangan teknologi dalam pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Serta bagaimana meningkatkan peran koperasi dan UKM.

“Dengan visi terwujudnya koperasi, UMKM yang sehat dan berkualitas menjadi inovasi penggerak dan pendorong peningkatan perekonomian daerah. Tujuan dari kegiatan forum OPD ini untuk merencanakan kegiatan tahun 2019 mendatang, guna mencapai RPJMD dalam upaya peningkatan dan pengembangan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Jumlah UKM bersertifikasi halal PIRT dan HKI tahun 2011, halal sebanyak 27 UKM. Tahun 2012 40 UKM memperoleh halal, tahun 2013, 43 UKM memperoleh halal dan 41 UKM memperoleh PIRT serta 35 UKM memperoleh HKI. 2014, 50 UKM memperoleh halal, dan 46 UKM memperoleh PIRT serta 50 UKM memperoleh HKI.

Pada 2015 ada 50 UKM memperoleh halal dan 46 UKM dengan 80 produk memperoleh PIRT. Serta 60 UKM didaftarkan ke HKI. Pada 2016 ada 100 UKM memperoleh halal dan 88 UKM mendapatkan PIRT serta ada 80 UKM on progress didaftarkan ke HKI.

Total ada 307 UKM mendapatkan halal, 221 PIRT dan 216 HKI.

  Agenda prioritas serta output 5 tahun ke depan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pertama fasilitasi peningkatan permodalan bagi koperasi dan UMKM dengan sertifikasi tanah bagi pelaku UMKM dan unit pelayanan dana bergulir atau UPDB, kedua upaya peningkatan kualitas dan branding produk UMKM Tangsel, melaluai promosi, standarisasi dan sertifikasi produk UMKM Tangsel.

Ketiga, peningkatan kualitas manajemen dan kompetensi sumber daya koperasi guna mewujudkan koperasi sehat berkualitas menuju kota koperasi.

Keempat, revitalisasi gerakan koperasi Serbuk atau Satu Koperasi seribu UMKM. Kelima pemberdayaan, pembinaan dan penataan pedagang kreatif lapangan pada lokasi yang telah ditentukan. Keenam pembangunan Gedung inovasi UMKM Kota Tangsel di Central Business District(CBD) BSD Serpong. (adv)

Berita Lainnya
Leave a comment