Untuk Kepentingan Umum

Manfaatkan Program Mudik Gratis Kemenhub 2023, Ini Daftar Kota Tujuan Mudik yang Tersedia

RESPUBLIKA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik gratis menggunakan bus untuk Lebaran 2023. Program mudik gratis tahun ini memiliki kuota untuk 24.072 penumpang, yang terdiri dari 18.528 penumpang arus mudik berangkat, dan 5.544 penumpang arus balik. 

 

Masyarakat yang hendak mengikuti program mudik gratis Kemenhub dapat mendaftar secara online lewat aplikasi Mitra Darat, yang bisa diunduh melalui Google Play atau App Store.  

 

Pendaftaran dibuka mulai 13 Maret 2023 sampai 14 April 2023, namun bisa ditutup lebih awal jika kuota sudah terpenuhi, Selasa 14 Maret 2023. 

 

Syarat untuk mendaftar mudik gratis Kemenhub 2023 adalah peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP/SIM/KK). Peserta juga hanya bisa memilih 1 kota tujuan mudik.  

 

Jika peserta akan mengikuti mudik-balik/pergi-pulang, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan pada saat mendaftar arus berangkat mudik. Namun, kota tujuan mudik harus memiliki pilihan kota asal arus balik. 

 

Dalam konferensi pers virtual, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan bahwa program mudik gratis Kemenhub diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin mudik dalam rangka merayakan Hari Raya Idulfitri.  

 

“Peserta harus mematuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku agar dapat mengikuti program mudik gratis Kemenhub 2023 dengan lancar dan aman,” Hendro Sugiatno. 

 

Dalam program ini, peserta diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran untuk registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan. Apabila lewat H+7 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus dan tidak bisa mendaftar ulang.  

 

Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan dan menyerahkan motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan. Peserta juga harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik, serta wajib datang minimal 1 jam sebelum jadwal keberangkatan. 

 

Kota-kota tujuan mudik dalam program mudik gratis Kemenhub 2023 meliputi beberapa daerah di Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah-DIY, dan Jawa Timur. 

 

Menurut hasil survei Badan Kebijakan Transportasi, pergerakan nasional di Hari Raya Idulfitri 2023 diperkirakan mengalami lonjakan cukup signifikan, yakni sekitar 123,8 juta penduduk yang melakukan mudik.  

 

Untuk di Jabodetabek, diperkirakan ada 18,3 juta penduduk yang akan mudik, sekitar 54% dari jumlah penduduk Jabodetabek. Berikut kota tujuan mudik Gratis 2023. 

Sumatra: Palembang, Lampung. 

 

Jawa Barat: Garut, Tasikmalaya, Cirebon. 

 

Jawa Tengah-DIY: Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Yogyakarta. 

 

Jawa Timur: Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, Tulungagung.

Berita Lainnya
Leave a comment