Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Tak Hanya Peredaran Darah yang Menyebabkan Kaki Kesemutan

Respublika.id – Pada saat Anda merasakan kesemutan tentunya sebagian anggota tubuh seperti kaki mendadak mati rasa dan seperti ada sesuatu menjalar dari dalam kulit. Hal ini, sering terjadi jika kita menekuk anggota badan terlalu lama, seperti ketika bersila atau tidur dengan menggunakan bantalan lengan terlalu lama, Kamis (8/02).

Para ahli medis sendiri menyebut bahwa kondisi itu sebagai paresthesia. Dimana, dalam keadaan kondisi ini muncul bukan karena peredarah darah tak lancar tapi lebih berkaitan dengan saraf.

Karena saraf sensorik dalam tubuh yang mirip dengan seikat kabel yang bertugas membawa informasi sensorik melalui impuls elektrokimia ke otak dan tulang belakang manusia.

Bila ada tekanan pada salah satu saraf tersebut, maka saraf sulit untuk menjalankan tugasnya. Sehingga, saat Anda tak sengaja menekan serat saraf maka akan mengakibatkan impuls elektrokimia mengalami kerusakan.

“Kami mengibaratkan serabut saraf di dalam tubuh sebagai jalur komunikasi untuk mengumpulkan informasi dan membawanya ke saraf pusat dari reseptor sensorik yang ada di sekujur tubuh. Jika ada pemempatan saraf sensorik, maka tidak akan ada informasi apapun sehingga menyebabkan kesemutan,” terang Lawrence Abraham, profesor teknik kinesiologi dan kesehatan di University of Texas di Austin, dilansir dari IFL Science.

Sebenaranya, ketika kesemutan terjadi saraf sedang mengalami kepanikan dan sedikit bingung akan apa yang baru saja terjadi. Selain ada tekanan pada saraf, aliran pembuluh darah yang terputus karena saraf tidak lagi memiliki oksigen juga dapat menjadi penyebab kesemutan.

Darah hanyalah bagian dari adanya tekanan pada saraf, bukan penyebab utama. Oleh karena itu tidak perlu dikhawatirkan, kecuali Anda mengalami paresthesia kronis maka itu adalah tanda-tanda anda memiliki masalah neurologis (kelainan pada sistem saraf atau gangguan otak) yang serius (bbs/man).

Berita Lainnya
Leave a comment