Untuk Kepentingan Umum

Gaji Pegawai Bank Kalah dari Pegawai Indomaret, Jarkom Tuntut Kenaikan

64

Jaringan Komunikasi Serikat Pekerja Perbankan (Jarkom SP Perbankan) menuntut kenaikan Upah Minimum Sektoral (UMS) perbankan.

Ketua Umum Serikat Pekerja PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Abdoel Mujib mengatakan fokus tuntutan mereka dalam aksi tersebut adalah kenaikan UMS sebesar 30 persen. Aksi ini akan diikuti oleh 19 serikat pekerja perbankan dari Jakarta dan sekitarnya.

“Karena sudah sangat lama tidak ada serikat pekerja bank yang memperjuangkan hal tersebut. Itu berdampak pada rendahnya upah karyawan bank,” ungkapnya.

Bahkan, tambah Abdoel, di beberapa tempat gaji karyawan bank lebih rendah dari upah karyawan toko ritel.

Di Kota Depok, UMS pekerja di industri jasa perbankan bersama dengan jasa perdagangan diputuskan mendapatkan upah Rp 3,69 juta per bulan. Upah tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan gaji pekerja di sektor pasar modern, supermarket, dan hypermarket, yang ditetapkan Rp 3,98 juta per bulan.

Ketua Umum Serikat Pekerja PT Bank Permata Tbk. Prana Rifsana menuturkan karyawan bank layak mendapatkan kenaikan upah mengingat besarnya kontribusi sektor perbankan terhadap perekonomian nasional. Di sisi lain, risiko yang harus ditanggung pekerja bank tergolong tinggi. (tmp/firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...