Untuk Kepentingan Umum

Inilah Perbedaan Fungsi Google Maps dan Waze

14
ilustrasi

Google Maps dan Waze adalah alikasi penunjuk jalan. Peta digital ini sangat mudah dibawa ke manapun karena menyatu dengan smartphone kita.

Kedua peta digital ini bisa dibilang serupa tapi tak mirip. Apa bedanya?

Seperti dilansir laman GSM Arena, Google Maps adalah peta untuk menjelajah. Jadi, Anda akan bisa menemukan tempat baru di aplikasi ini. Sedangkan Waze benar-benar untuk navigasi arah.

Country Manager Waze Indonesia, Marlin Siahaan, menjelaskan kedua produk tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Google Maps sebagai aplikasi untuk penjelajahan perjalanan, dan Waze untuk navigasi. “Google Maps is for discovery, Waze is for navigation,” ujar Marlin.

Menurut dia, para pengguna Waze biasanya sudah tahu arah yang dituju, lalu mereka membuka Waze untuk melihat jalur yang lebih cepat.

Sedangkan para pengguna Google Maps, Marlin menjelaskan, bisa memberikan poin-poin apa saja yang akan ditemui selama perjalanan. Misalnya, ada restoran unik, pom bensin terdekat, dan semacamnya. “Itu yang akan dilakukan para pengguna Google Maps,” kata dia.

Meski memiliki fungsi yang berbeda, tapi keduanya sebetulnya berada dalam satu perusahaan: Google Alphabet. Google mengakuisisi Waze, perusahaan besutan Israel ini, pada 2013.

Kini, Waze sudah digunakan di 185 negara dan memiliki 50 bahasa. Hingga saat ini, setidaknya Waze sudah digunakan sebanyak 100 juta pengguna aktif. Di Indonesia sendiri ada 4 juta pengguna aktif. (den)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...