Untuk Kepentingan Umum

Pemkot Ajari Warga Cara Asuh Anak yang Benar

4

Sebanyak 50 peserta Tim Penyuluh Keluarga Layak Anak dari RT, RW, BKD, PKK di Kelurahan Ciputat dan Kelurahan Cipayung mengikuti sosialisasi Perlindungan Perempuan dan Anak di Aula Kecamatan Ciputat, Tangsel, akhir pekan lalu. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman bagaimana pola asuh yang baik terhadap anak

Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak DPMP3AKB Tangsel Irma Safitri menjelaskan peserta ini adalah tim penyuluh, dimana tugas mereka melakukan penyuluhan kepada keluarga agar bisa menjadi keluarga layak anak. Peserta juga diberikan pemahaman untuk dapat menjadi penyuluh yang baik.

Kata dia, banyak kendala yang didapat ketika praktek di lapangan. Seperti ditolak, atau tidak diterima dengan baik. Karena itu peserta diberikan teknik penyuluh yang baik supaya bisa diselesaikan pada masyarakat.

“Bagaimana teknik komunikasi yang baik dengan melihat tanda-tanda dari si pemilik rumah. Jadi kita sebagai tim penyuluh harus bisa diterima oleh mereka,” bebernya.

Ini merupakan program untuk membentuk Kelurahan Layak Anak dalam rangka mencegah kekerasan perempuan dan anak. Maka beberapa program yang dilakukan DPMP3AKB adalah sosialisasi penyuluhan langsung ke keluarga.

“Bagaimana 8 fungsi keluarga bisa diterapkan, yaitu fungsi agama, pendidikan, kasih sayang, perlindungan, ekonomi, sosial budaya, reproduksi dan fungsi lingkungan,” kata Irma.

Dimana keluarga harus bisa menerapkan 8 fungsi ini, sehingga tercapai keluarga yang tangguh dan tidak terjadi kekerasan. Karena keluarga merupakan tempat utama untuk anak-anak.

“Bagaimana kita melindungi anak, caranya dengan melakukan penyuluhan langsung. Sehingga keluarga paham apa saja yang harus mereka lalukan dalam melindungi keluarganya,” bebernya.

Ini merupakan pilot project yang dilakukan oleh DPMP3AKB, pihaknya menunjuk RW 03 Kelurahan Ciputat dan RW 01 Kelurahan Cipayung sebagai lokasi P2WKSS untuk menjadi RW Layak Anak. (firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...