Lembaga Kesehatan NU Gelar Seminar TBC di Kampus Islamic Village

oleh -

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota Tangerang menggelar Seminar Nasional Hari Tuberculosis (TBC ) Sedunia.

Kegiatan bertajuk ‘Saatnya Indonesia Bebas TBC Mulai dari Saya’ itu dihelat di Aula lantai 4 Kampus Pendidikan Tinggi Islamic Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (3/4/2019)

Ade Kurniawan, Ketua Pelaksana acara mengatakan, seminar tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan serta menambah pengetahuan agar dapat mengenali gejala-gejala penyakit TBC yang dapat berisiko salah satunya penularan serta kematian.

“Kami berharap dengan seminar ini bahaya TBC dapat dipahami serta pengetahuan mencegah dan menanggulanginya juga dipahami,” ungkapnya

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desriana mengatakan, TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat mematikan dengan proses pengobatan atau penyembuhan juga tidak mudah, maka, kata dia, perlu pendampingan.

“Tentunya pemerintah daerah tidak akan pernah diam dalam memberantas penyakit TBC ini. Oleh karena itu, kami siap bekerja sama dengan lembaga manapun dalam mengeliminasi TBC tahun 2035,” katanya.

Kerjasama tersebut, lanjutnya, sangat penting, karena untuk menemukan pasien atau penderita penyakit TBC di tengah-tengah masyarakat tidaklah mudah.

Sementara, Irgan Chairul Mahfizh, anggota Komisi IX DPR RI mengatakan, pemerintah telah menyediakan fasiltas pengobatan untuk penderita TBC. Bahkan Irgan menyebut, obat untuk penderita bisa didapatkan secara cuma-cuma.

“Pada dasarnya, obat TBC tersebut sudah tersedia dan gratis, sampai penyembuhan total. Dan kami sampai saat ini terus mendorong peraturan daerah tentang penanggulan Penyakit TBC,” ujarnya.

Seminar dalam rangka memperingati Hari TBC se-dunia tersebut juga dihadiri Ketua PCNU Kabupaten Tangerang KH. Encep Subandi, Ketua BPH Pendidikan Tinggi Islamic Village Hj. Atiki Chollisni.

Share this...
Print this page
Print