Lapas Pemuda Serahkan SK Remisi Hari Waisak

oleh -

Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang) menyerahkan remisi khusus hari raya waisak kepada 33 warga binan. Remisi diberikan karena seluruh warga binaan berkelakukan baik selama menjalani masa hukuman di lapas tersebut.

Acara penyerahan SK yang digelar di Vihara Kusala Cetana Lapas Pemuda Tangerang, Minggu (19/5) turut hadir Kepala Sub Seksi Registrasi Syamsul Hidayat A.R. beserta jajarannya dan Ketua Dewan Penasihat PC Hikmahbudhi, Hendra Acong.

Kepala Sub Seksi Registrasi Syamsul Hidayat A.R. mengatakan, pemberian remisi terbagi menjadi dua kategori. Katagori pertama, remisi Khusus (RK) I diberikan kepada sebanyak 32 orang dan RK II sebanyak 1 orang. “Remisi khusus pertama diberikan kepada seluruh warga binaan yang memenuhi syarat mendapatkan remisi, namun masih harus menjalani sisa pidana. Sedangkan RK II, begitu WBP mendapat remisi warga binaan bisa langsung bebas,” ucapnya.

Syamsul mengatakan, sejatinya remisi merupakan hak nagi warga binaan. Sehingga, bagi warga binaan yang telah memenuhi syarat substantif dan administratif pasti mendapatkan Remisi, tanpa pungli atau embel-embel lainnya.
Syamsul Hidayat A.R. mengatakan, semua WBP pasti mendapatkan Remisi. “ Kami juga menjamin bahwa tidak ada pungli dalam pengusulan Remisi,” tambahnya.

Menurutnya, pengusulan remisi sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya beserta jajaran Staf Sub Seksi Registrasi. Ia juga berharap agar rekan-rekan Warga Binaan bisa terus berkelakuan baik selama menjalani masa pidananya di Lapas Pemuda Tangerang.

“Cukup bantu dengan doa agar kami selalu amanah dan tanggung jawab dalam memperjuangkan apa yang menjadi hak para WBP,” ujar Syamsul Hidayat A.R.

Ketua Dewan Penasuhat PC Hikmahbudhi, Hendra Acong, mengapresiasi acara penyerahan SK Remisi Khusus Waisak kepada para WBP. Menurutnya, hal ini merupakan wujud dari toleransi antar umat beragama yang telah berjalan di Lapas Pemuda Tangerang.

“ Selama 8 tahun saya ikut membantu pengurus Vihara Kusala Cetana Lapas Pemuda Tangerang, baru kali ini diselenggarakan acara penyerahan Remisi. Ini merupakan wujud penghargaan bagi kami, dan para WBP khususnya yang notabene minoritas.” Pungkasnya. (Ger)

Share this...
Print this page
Print