Untuk Kepentingan Umum

Dinkes Tangsel Siapkan Lima Posko Selama Mudik

4

Dinas Kesehatan Kota Tangsel menyiagakan sejumlah posko jelang lebaran. Tahun ini ada lima posko yang disiagakan, yakni , seperti Posko Fly Over Ciputat, Posko Muncul Setu, Posko German Center Serpong, Posko Pamulang Square, Posko Indika Bintaro. Posko disiagakan sejak tanggal 29 Mei s/d tanggal 10 Juni para tenaga medis ini disiagakan di beberapa titik lokasi yang biasanya ramai dilalui para pemudik

Masing-masing posko akan dijaga oleh enam tenaga kesehatan yang berjaga secara bergantian atau Shift dan khusus pada hari Lebaran, posko akan dijaga oleh sembilan tenaga kesehatan.

Kepala Dinkes Kota Tangsel Deden Deni mengatakan, pihaknya siap menghadapi persiapan arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun ini, khususnya dengan memastikan tersedianya pelayanan medis yang bersiaga di beberapa titik mengawal perjalanan para pemudik.

“Kami siap. Posko-posko kesehatan akan dikomandoi Dinkes. Kami juga mengerahkan tenaga dokter dari rumah sakit dan puskesmas,” ujar Deden

Ia menjelaskan, nantinya disiapkan lima posko kesehatan. Masing-masing akan dijaga satu dokter umum, dua perawat, dan disediakan satu mobil ambulans yang siap mengantar atau menjemput pemudik yang membutuhkan pelayanan medis lanjutan (rujukan).

“Kita sudah membuat jadwal, ada 29 puskesmas yang siap mem-backup. Posko yang dibuka ada lima,” tambahnya.

Ia menambahkan selama periode libur Lebaran, ruang rawat inap puskesmas dan instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit tetap buka 24 jam. Diketahui saat ini sudah ada 20 puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap pasien. Selain itu, juga disiapkan 420 tenaga medis dan 65 buah mobil Ambulans dari seluruh puskesmas yang ada di Tangsel untuk berjaga di masing-masing Posko Kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Selain posko, kita juga akan melakukan pemeriksaan rutin kepada pengemudi atau sopir bus. Jadi, kita akan ‘jemput bola’ ke agen PO bus yang ada di Tangsel. Kita periksa kesehatan sopirnya,” ujarnya.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau kepada para pemudik untuk mengecek kondisi kesehatan dan cek kendaraan bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi. Menkes menambahkan perencanaan sebelum mudik harus dilakukan H-6 sebelum mudik dengan menjaga kondisi tubuh agar badan terasa fit saat hari keberangkatan.

Kemenkes menyediakan 6.047 Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mudik tahun ini yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910.

“Sehat penting, kami (Kemenkes) bersama Kemenhub, Polri, dan sektor lain yang terkait,  kita menyatu dalam pelaksanaan mudik ini. Yang bawa mobil harus sehat, jangan minum alkohol,” kata Menkes (adv)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...